(PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS TTD ASLI)..Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen)

Handoko, Dian Cahyo Tri (2023) (PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS TTD ASLI)..Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Dian Cahyo Tri Handoko_206190135_Skripsi Ethesis.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://etheses.iainponorogo.ac.id

Abstract

ABSTRAK

Handoko, Dian Cahyo Tri. 2023. Straegi Kepala Madrasah dalam Meningkakan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Meningkatkan Daya Saing Pendidikan.

Sekarang persaingan sekolah semakin banyak, pemasaran lembaga pendidikan sangat diperlukan. Sekolah sebagai penyedia layanan pendidikan perlu belajar dan secara proaktif meningkatkan kepuasan pelanggan (siswa) karena pendidikan adalah proses yang sirkular saling mempengaruhi, pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu manajemen strategi untuk meningkatan kualitas pendidikan dan daya saing sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan Menganalisis Perencanaan kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. (2) Mengetahui dan Menganalisis Pelaksanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. (3) Mengetahui dan Menganalisis Evaluasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. (4) Mengetahui dan Menganalisis Keberhasilan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, obervasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo: a) Mengembangkan visi dan misi yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan lembaga, b) Mengindentifikasi peluang dan ancaman dari eksternal madrasah, c) Menentukan kekuatan dan kelemahan lembaga pendidikan, d) Menentukan tujuan jangka panjang dengan mengembangkan dakwah islamiyah dan merevitalisasi kebudayaan Islam di lingkungan lembaga, e) Mengembangkan strategi alternatif dilakukan dengan melihat perkembangan zaman dari waktu ke waktu. (2) Pelaksanaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo: a) Menggerakan dan memotivasi guru dengan melaksanakan sosialisasi untuk menyebarluaskan atau mempublikasikan berbagai dokumentasi kegiatan, b) Membentuk struktur organisasi yang efektif, c) Menyiapkan anggaran madrasah diambilkan dari dana BOS dan dana lain, d) Mengembangkan dan menggunakan sistem informasi dan teknologi sebagai sarana promosi sekolah dalam bentuk media sosial, (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkakan daya saing lembaga pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo: a) Memantau faktor eksternal dan internal dengan analisi SWOT, b) Mengukur kinerja melakukan pembagian tugas kepada semua guru sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, c) Mengambil tindakan korekif mengadakan evaluasi untuk memperbaiki startegi yang kurang pas. (4) Keberhasilan kepala madrasah dalam meningkakan daya saing lembaga pendidikan di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo: a) Memberikan pelayanan pendidikan yang mudah, ramah dan cepat pada setiap proses yang dilakukan, b) Meningkatan minat masyarakat dengan menyekolahkan anaknya di lembaga, c) Bentuk peningkatan kepercayaan masyarakat dengan banyaknya partisipasi masyarakat pada setiap kegiatan yang diadakan, d) Bentuk peningkatan akhlak siswa selalu memberikan teladan yang baik kepada siswa seperti jabat tangan dengan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:43
Last Modified: 17 Oct 2023 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25709

Actions (login required)

View Item View Item