PENGARUH LABEL HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE GACOAN PONOROGO PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH IAIN PONOROGO

Febriyanti, Noviya (2023) PENGARUH LABEL HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE GACOAN PONOROGO PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
NOVIYA FEBRIYANTI - 102190152 - HES..pdf

Download (1MB)

Abstract

Febriyanti, Noviya 2023. Pengaruh Label Halal Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan Ponorogo Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Iain Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci/ Keywords: Label Halal, Promosi, dan Keputusan Pembelian
Mie Gacoan adalah makanan yang sangat lazim dikonsumsi oleh mahasiswa. Diantara faktor yang menyebabkan mie gacoan digemari adalah karena adanya Label Halal serta produsen mie gacoan yang terus melakukan promosi secara terus menerus entah itu iklan maupun promosi penjualan. Apabila label halal dan promosi tinggi maka keputusan pembelian juga tinggi begitu juga sebaliknya. Label halal yang sudah ada di outlate mie gacoan Ponorogo menjadikan kepastian hukum bagi konsumen. Namun, di dalam mie gacoan terkandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan juga membuat kualitas produk mie gacoan yang berlabel halal menjadi rendah. Dari segi promosi terjadi persaingan usaha antara produsen mie pedas lainnya. Perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membuat strategi promosi yang menarik minat pembeli.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan? 2.Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Mie Gacoan? 3.Bagaimana pengaruh Label Halal dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk produk Mie Gacoan?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Jumlah responden yang diteliti di Mie Gacoan Ponorogo sebanyak 94 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda.
Dengan demikian hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengaruh keputusan pembelian terhadap label halal, berdasarkan hasil hipotesis yang telah diuji pada variabel label halal (x1) terhadap keputusan pembelian (y) diperoleh t hitung 3,026 dan t tabel sebesar 1,987 hal ini berarti bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Kemudian untuk nilai signifikansi dari x1 terhadap y adalah 0,003 lebih kecil dari 0,05. Jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, Label Halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan pada variabel promosi (x2) terhadap keputusan pembelian (y) diperoleh t hitung 2,85 dan t tabel sebesar 1,987 hal ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Kemudian untuk nilai signifikansi dari x2 terhadap y adalah 0,005 lebih kecil dari 0,05. Jadi H0 ditolak dan H2 diterima. 3) Pengaruh label halal dalam keputuan pembelian. Hasil uji F, pengujian pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai F hitung sebesar 10,813 lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 1,987 berarti H0 ditolak, dan H4 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:20
Last Modified: 16 Oct 2023 06:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item