PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PRODUK IB HIJRAH RENCANA BANK MUAMALAT KCP PONOROGO DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Asmara, Adinda Wahyu (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PRODUK IB HIJRAH RENCANA BANK MUAMALAT KCP PONOROGO DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190001_Adinda Wahyu Asmara_Skripsi Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada nasabah produk tabungan iB Hijrah Rencana
Bank Muamalat KCP Ponorogo yang dilatarbelakangi karena adanya
ketidaksesuaian antara fakta yang terjadi dengan teori. Penelitian ini
menggunakan citra merek sebagai variabel intervening, dimana kualitas produk
dan promosi sudah bagus. Namun pemenuhan komponen tersebut tidak sejalan
dengan tingkat keputusan menabung produk iB Hijrah Rencana nasabah yang
masih rendah.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis
pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan dengan citra merek
sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Sampel sebanyak 70 responden nasabah tabungan iB Hijrah Rencana Bank
Muamalat KCP Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik accidental
sampling yakni penenentuan sampel dilakukan berdasarkan konsumen yang
secara kebetulan bertemu peneliti dengan pengambilan sampel dilakukan
menggunakan rumus slovin. Pengujian data dibantu dengan software SPSS versi
22. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji instrumen, uji deskriptif,
uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji hipotesis, dan
analisis jalur (path analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. (2) Promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap citra merek. (3) Kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. (4) Promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. (5) Citra merek berpengaruh
namun tidak signifikan terhadap keputusan menabung. (6) Kualitas produk dan
promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap citra merek. (7)
Kualitas produk, promosi, dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap keputusan menabung. (8) Citra merek tidak dapat memediasi
antara kualitas produk terhadap keputusan menabung. (9) Citra merek dapat
memediasi antara promosi terhadap keputusan menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:14
Last Modified: 16 Oct 2023 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25702

Actions (login required)

View Item View Item