Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen)

Rahmawati, Vina (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI VINA RAHMAWATI 206190117.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://etheses.iainponorogo.ac.id

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Vina. 2023. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Fungsi-Fungsi Manajemen, Mutu Pendidikan

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor utama dalam penentu pengelolaan pendidikan di sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia merupakan permasalahan yang telah lama ada. Namun permasalahan tersebut tidak cepat terselesaikan. Pendidikan yang berkualitas merupakan keinginan ataupun harapan dan sebagai tuntutab seluruh stakeholder pendidikan. Semua orang akan lebih suka menuntut ilmu pada sebuah lembaga yang memiliki mutu yang unggul dan baik. Atas dasar ini maka suatu lembaga sekolah harus bisa menciptakan mutu serta pelayanan yang baik agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Oleh karena itu perlu adanya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sebuah lembaga pendidikan. Strategi sekolah merupakan kebijakan yang sangat penting untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah. Strategi yang tepat dapat memberikan dampak pada keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. (2) Menganalisis Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. (3) Menganalisis Evaluasi sratetegi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber, dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo; a) Menyusun program rencana kerja menengah (RKJM) dan program rencana kerja tahunan (RKT) sesuai dengan, visi, misi, dan tujuan sekolah, b) Manganalisis faktor eksternal dan internal c) merumuskan dan mendayagunakan sumber daya yang ada secara optimal, d) merumuskan tujuan khusus. (2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo; a) menerapkan budaya organisasi, b) menciptakan struktur organisasi yang efektif (c) Melakukan perencanaan, serta mengelola penggunaan dan pelaporan keuangan, d) penggunaan sistem informasi, (e) peran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. (3) Evaluasi strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo; a) menganalisis faktor eksternal dan faktor internalnya, b) membandingkan tercapainya tujuan dan hasil yang diperoleh, c) mengambil tindakan korektif. Adapun keberhasilan dalam peningkatan mutu pendidikan ditunjukkan dengan adanya dukungan dari pemerintah, kinerja guru yang baik, lulusan yang berkualitas, dan dukungan masyarakat atau orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:12
Last Modified: 16 Oct 2023 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item