..(BERIKAN JUDUL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sadd al-Dhari’ah terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Konflik Rumah Tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Sakdiyah, Nurulaini Halimatus (2023) ..(BERIKAN JUDUL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sadd al-Dhari’ah terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Konflik Rumah Tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NURULAINI HALIMATUS SAKDIYAH - 101190162 - HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sakdiyah, Nurulaini Halimatus. 2023. Tinjauan Sadd al-Dhari’ah terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Konflik Rumah Tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Imroatul Munfaridah, M.S.I.

Kata Kunci/Keywords: Sadd al-Dhari’ah, Media Sosial, Konflik Rumah Tangga.

Sadd al-dhari’ah artinya menutup jalan yang menjadi penghubung kepada sesuatu yang dilarang, yang mengandung mafsadah (kerusakan). Di era saat ini, teknologi semakin canggih dan terdapat berbagai macam fitur media sosial. Dalam penggunaannya pasti menimbulkan dampak, baik itu positif maupun negatif. Namun dalam realitanya, terjadi beberapa konflik rumah tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo akibat penggunaan media sosial. Maka dari itu perlunya konsep Sadd al-dhari’ah untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan media sosial dalam konflik rumah tangga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan Sadd al-dhari>’ah terhadap dampak penggunaan media sosial dalam konflik rumah tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan Sadd al-dhari>’ah terhadap upaya pasangan suami istri mengenai dampak penggunaan media sosial dalam konflik rumah tangga di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deduktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Tinjauan Sadd al-dhari’ah terhadap dampak penggunaan media sosial dalam konflik rumah tangga di Desa Singgahan ialah lebih besar keburukannya daripada kebaikannya. Namun dalam penggunaan kedepannya tetap diperbolehkan, asalkan mampu memberikan batasan-batasan sesuai dengan kebutuhan masing-masing agar tidak menimbulkan dampak yang buruk lagi. (2) Tinjauan Sadd al-dhari’ah terhadap upaya pasangan suami istri mengenai dampak tersebut termasuk dhari’ah yang diperbolehkan, karena perbuatan yang timbul lebih besar kebaikannnya daripada kerusakannya. Adanya upaya yang bertujuan untuk kedepannya yang lebih baik dan dapat menggunakan media sosial dengan bijak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:11
Last Modified: 16 Oct 2023 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item View Item