TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN LAHAN TAMBAK UDANG (Studi Kasus Di Desa Bumi Dipasena Mulia Kec. Rawajitu Timur Kab. Tulang Bawang Prov. Lampung)

Mustofian, Andika Hari (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN LAHAN TAMBAK UDANG (Studi Kasus Di Desa Bumi Dipasena Mulia Kec. Rawajitu Timur Kab. Tulang Bawang Prov. Lampung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190095 ANDIKA HARI MUSTOFIAN HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hari Mustofian, Andika. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Kerjasama Dalam Pengelolaan Lahan Tambak Udang (Studi Kasus Di Desa Bumi Dipasena Mulia Kec. Rawajitu Timur Kab. Tulang Bawang Prov. Lampung). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.
Kata Kunci/keywords : Kerjasama, Mudharabah, Penanggungan Risiko
Kerjasama yang dilakukan oleh petambak di Desa Bumi Dipasena Mulia antara pemilik modal dan pengelola tambak udang meggunakan akad kerjasama dengan sistem bagi hasil. Perjanjian di sini melibatkan pemilik modal dan pengelola, dimana sistem bagi hasil tersebut menggunakan persenan 65:35 pada saat panen. 65% untuk pemilik modal dan 35% untuk pengelola tambak. Kerugian yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemilik modal, pada praktiknya justru menjadi tanggung jawab bersama. Serta terdapat risiko dalam pengelolaannya baik risiko yang menguntungkan maupun risiko yang merugikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad kerjasama dalam pengelolaan lahan tambak udang di Desa Bumi Dipasena Mulia Kec. Rawajitu Timur Kab. Tulang Bawang Prov. Lampung? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanggungan risiko dalam pengelolaan lahan tambak udang di Desa Bumi Dipasena Mulia Kec. Rawajitu Timur Kab. Tulang Bawang Prov. Lampung?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif, yaitu penemuan fakta empiris yang diperoleh dari hasil observasi lapangan untuk dianalisis berdasarkan teori, kemudian ditarik kesimpulan terhadap masalah yang diteliti.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Akad kerjasama mudharabah dalam pengelolaan lahan tambak udang di Desa Bumi Dipasena Mulia adalah adalah sah menurut hukum Islam, akan tetapi dalam proses berlangsungnya menjadi fasid (rusak). Menurut ulama Hanafiyah apabila rukun sudah terpenuhi, tetapi syarat tidak terpenuhi maka rukun menjadi tidak lengkap sehingga akad tersebut menjadi fasid (rusak). Kecurangan yang dilakukan oleh pengelola tambak sehingga kerugian harus ditanggung bersama mengakibatkan akad mudharabah menjadi fasid. Namun akad diperbaiki dengan adanya perjanjian awal ketika terjadi kerugian yang disebabkan oleh pihak pengelola maka kerugian tersebut ditanggung bersama. Sehingga kedua belah pihak telah ridho dan ikhlas menanggung kerugian tersebut. Sedangkan penanggungan resiko yang terjadi didalam kerjasama pengelolaan lahan tambak udang sudah sesuai dengan akad perjanjian mudharabah. penanggungan resiko sudah diatur dalam perjanjian, ketika memperoleh keuntungan maka keuntungan tersebut dibagi sebesar 65:35 65% untuk pemilik modal dan juga 35% untuk pengelola modal dan ketika terjadi kerugian, kerugian tersebut ditanggung seluruhnya oleh pemilik modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:09
Last Modified: 16 Oct 2023 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item