Pemahaman Generasi Milenial Tentang Produk Perbankan Syariah Di Desa Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo

Sriwahyuni, Nunung (2023) Pemahaman Generasi Milenial Tentang Produk Perbankan Syariah Di Desa Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190153_Nunung Sriwahyuni_Perbankan Syariah (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sriwahyuni, Nunung. Pemahaman Generasi Milenial tentang Produk Perbankan Syariah Di Desa Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Mucthim Humaidi, M.IRKH.

Kata Kunci: Pemahaman, Generasi Milenial, Perbankan Syariah.

Dari segi kemajuan dan perkembanganya, Perbankan Syariah menerapkan sistem bagi hasil dan berjalan seiring dengan Bank Konvensional yang menerapkan bunga, masalah yang terjadi pada Perbankan Syariah adalah generasi milenial kurang memahaminya, terutama karena banyaknya Bank Konvensional, akibatnya Perbankan Syariah sering diabaikan atau dipandang sebelah mata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman generasi milenial tentang Produk Perbankan Syariah, faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman generasi milenial tentang Produk Perbankan Syariah, dampak pemahaman generasi milenial terhadap produk Perbankan Syariah. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan generasi milenial yang sudah bekerja. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemahaman generasi milenial di desa tosanan tentang Perbankan Syariah masih rendah. Hal tersebut dikarenakan minimnya informasi yang didapat oleh generasi milenial dari pihak perbankan syariah.2) Faktor – faktor yang mempengaruhi pemahaman generasi milenial yaitu: Pengetahuan generasi milenial tentang perbankan syariah yang masih rendah hal ini dikarenakan minimnya sosialisasi dari pihak Perbankan Syariah, sosial/lingkungan generasi milenial yang lebih banyak menggunakan produk tabungan bank konvensional sehingga generasi milenial memilih Bank yang digunakan banyak orang, informasi tentang perbankan syariah yang di dapat hanya sedikit, pendidikan yang tinggi cenderung akan memiliki informasi, pekerjaan generasi milenial yang belum tetap penghasilanya sehingga berdampak pada generasi milenial dalam minat menggunakan produk Bank Syariah.3) Dampak Pemahaman generasi milenial berdampak negatif karena rendahnya pemahaman generasi milenial tentang Perbankan Syariah dan akan memiliki potensi peningkatan risiko dalam memilih suatu produk keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:03
Last Modified: 13 Oct 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item View Item