Tinjauan Hukum Islam Dan UU No.8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen Terhadap Pengurangan Takaran BBM Pertamini Di Desa Sambirejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Mutiara, Qiza (2023) Tinjauan Hukum Islam Dan UU No.8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen Terhadap Pengurangan Takaran BBM Pertamini Di Desa Sambirejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190074_QIZA DERBI NARABILA MUTIARA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci/keywords: Pertamini, BBM, Hukum Islam, UU No.8 Tahun 1999
Pengurangan takaran BBM Pertamini Di Desa Sambirejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun terdapat beberapa kecurangan. Pertamini sendiri dibagi menjadi 2 yaitu pertamini manual dan pertamini digital. Pertamini manual yang takaran ukuran liternya menggunakan garis yang dibuat oleh pabrik ini diubah dengan garis yang dibuat sendiri sehingga mengurangi takaran yang seharusnya, selain itu pembelian BBM pada pertamini manual tidak mencapai batas baris liter pembelian sehingga jumlah BBM yang diperoleh berkurang. Sedangkan pertamini digital ini ada unsur tidak transaparan takaran, pasalnya pada pertamini digital pembelian bensin dimulai bukan dari nominal 0 tetapi dari nominal 2 sampai 5 ribu jadi saat pembelian jumlah takaran liter berkurang dari seharusnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengurangan takaran BBM pertamini di Desa Sambirejo Kecamatan geger Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam dan Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap Pengurangan takaran BBM pertamini di Desa Sambirejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis data induktif, yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dari lapangan kemudian dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Pengurangan takaran BBM pertamini di Desa Sambirejo ini terdapat unsur gharar atau penipuan dikarenakan jumlah takaran liter yang didapat tidak sesuai dengan harga yang dibeli. Pada alat pertamini manual dan digital ini terdapat keraguan terkait akurasi ukuran BBM dalam hal ini penjual mengganti garis dari pabrik dengan garis yang dibuat sendiri. Sedangkan, untuk alat pertamini digital terdapat kecurangan yaitu pengisian BBM tidak dimulai dari nominal 0 rupiah melainkan melalui nominal 2000 sampai 5000 rupiah. Akad jual beli seperti ini tergolong ke dalam salah satu jual beli yang dilarang dalam Islam karena terdapat unsur gharar, dan dalam Islam gharar tergolong ke dalam salah satu jual beli yang dilarang. Berdasarkan UU no 8 tahun 1999 juga menjelaskan tentang hak konsumen pada huruf (c) “Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa”. Sedangkan kewajiban konsumen salah satunya pada huruf (c) “membayar sesuai dengan alat tukar yang disepakati”. Dan pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang “Tidak sesuai dengan ukuran, takaran, timbangan, dan jumlah dalam hitungan menurut ukuran yang sebenarnya”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:46
Last Modified: 13 Oct 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item