Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging Kambing Sakit di Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Firdaus, Erin Ni'amatul (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging Kambing Sakit di Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190009-Erin Ni'amatul Firdaus-Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Firdaus,Erin Ni’amatul,2023, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging Kambing Sakit di Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. ). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbin Dr. Miftahul Huda, M.Ag.
Kata Kunci:Jual Beli Kambing Sakit
Manusia merupakan makhluk tuhan yang paling mulia , untuk memenuhi kebutuha pastinya manusia membutuhkan bantuan manusia lainnya,oleh sebab itu manusia tidak bisa hidup sendiri. Untuk memenuhi kebutuhanya, manusia melakukan system kerjasama yang bisa di sebut dengan kegiatan Muamalah. Dalam bermuamalah terdapat rukun dan syaratnya yaitu berupa Aqidail (orang yang melakukan akad), objek Akad (barang), i>jab dan Qabu>l serta tujuanya tidak bertentangan dengan syariat Islam. Kegiatan muamalah yang sering di lakukan manusia ialah jalur perdagangan atau jual beli, objek penelitian yang akan di bahas merupakan kambing dalam keadaan sakit yang berada di desa sraten kecamatan jenangan kabupaten ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Proses Penyembelihan kambing Sakit di Desa Sraten kecamatan jenangan kabupaten Ponorogo?. 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli daging Kambing Sakit di Desa Sraten kecamatan jenangan Kabupaten Ponorogo?.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researce) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara. Analisis data yang dilakukan secara Interaktif yang berlangsung secara terus menerus hingga datanya mencapai titik jenuh, kemudian dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti.
Berdasarkan penelitian,pembahasan, dan analisis data, dapat di simpulkan bahwa Tinjauan hukum Islam terhadap Proses Penyembelihan kambing Sakit Di Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, sah menurut Hukum Islam. Karena proses penyembelihan yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Jual Beli daging Kambing Sakit Di Desa Sraten Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, sah menurut hukum Islam, karena kambing yang di sembelih tidak memiliki penyakit yang kronis atau penyakit yang parah seperti penyakit PMK, penyakit antraks dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:29
Last Modified: 13 Oct 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25679

Actions (login required)

View Item View Item