Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Simpan Pinjam Kelompok Arisan Ibu-ibu Di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Astin, Silma Kumairo (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Simpan Pinjam Kelompok Arisan Ibu-ibu Di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SILMA,.pdf

Download (1MB)

Abstract

Astin, Silma Kumairo. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Simpan Pinjam Kelompok Arisan Ibu-Ibu di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Umarwan Sutopo, Lc., M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Hukum Islam, Praktik Simpan Pinjam.
Tabungan berjangka merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank. Dalam Islam tabungan berjangka menggunakan akad mudharabah. mudharabah ialah akad antara pemilik modal (harta) dengan pengelola modal tersebut, dengan syarat bahwa keuntungan diperoleh kedua belah pihak sesuai jumlah kesepakatan berdasarkan nisbah. Praktik simpan pinjam ini dilakukan dengan cara menitipkan uang kepada pengelola tabungan. Dalam sistem pengelolaan tabungan tersebut uangnya digunakan sebagai modal hutang piutang dan terdapat pembayaran tambahan atau keuntungan (margin) pada saat peminjaman yang kemudian keuntungan tersebut dibagi samarata kepada seluruh anggota tabungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik simpan pinjam kelompok arisan ibu-ibu di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana akibat hukum terhadap pelaksanaan simpan pinjam kelompok arisan ibu-ibu di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, metode analisis datanya menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktik simpanan kelompok arisan ibu-ibu di Desa Pucanganom ini sudah memenuhi keenam rukun dan syarat-syarat dari akad mudharabah. Sedangkan pada praktik pinjamannya terdapat rukun dari akad murabahah yang belum terpenuhi dan belum adanya objek jual-beli (barang) namun digantikan dengan uang. akibat hukum pada praktik simpanan ini menjadi lenyap atau berakhir sebab sudah terpenuhinya hak dan kewajiban kedua belah pihak serta hukumnya sah. Sedangkan akibat hukum praktik pinjamannya berubah atau lenyapnya suatu keadaan hukum dengan adanya hak dan kewajiban yang diganti. Akibat hukumnya menjadi tidak terpenuhinya sebagian hak dan kewajiban kedua belah pihak dan akadnya menjadi batal sebab tidak terpenuhinya rukun dan syarat dari akad murabahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:51
Last Modified: 12 Oct 2023 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item