Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI

Sari, Yusti Fristisa Lutfi (2023) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190120_Yusti Fristisa Lutfi Sari_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Yusti Fristisa Lutfi. 2023. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye, Mata Pelajaran PPKn
Berdasarkan studi kasus dari Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Kepemimpinan Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Peta Pintar pada Siswa Kelas VI SDN Sarirejo Semarang ditunjukan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran tematik pada kelas VI salah satunya dalam mata pelajaran PPKn, siswa masih mengalami hasil belajar yang rendah. Mata Pelajaran PPKn yaitu pembelajarannya yang kurang optimal. Guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa saat proses pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Serta dalam proses pembelajaran guru kurang menghubungkan dengan fenomena yang ada di lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye, (2) relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data, menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan analisis data dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye ditemukan enam nilai pendidikan karakter, yaitu religius, jujur, toleran, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peduli sosial. Relevansinya nilai pendidikan karakter novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VI di SD/MI sebagai berikut, (a) relevansi nilai pendidikan karakter religius dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 (Pemimpin Sekitarku) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila pertama (Percaya dan takwa terhadap Tuhan Maha Esa), (b) relevansi nilai pendidikan karakter jujur dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 (Pemimpin Sekitarku) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila kedua (Membela kebenaran dan keadilan), (c) relevansi nilai pendidikan karakter toleran dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 (Pemimpin Sekitarku) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila kedua (Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit, (d) relevansi nilai pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 (Pemimpin Idolaku) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila keempat (Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama), (e) relevansi nilai pendidikan karakter cinta tanah air dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 (Pemimpin Idolaku) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila ketiga (Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan dan mengembangkan rasa cinta tanah air dan bangsa), (f) relevansi nilai pendidikan karakter cinta tanah air dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan tema 7 Kepemimpinan Subtema 3 (Ayo, Memimpin) materi penerapan nilai-nilai Pancasila sila kelima (Memberi pertolongan kepada orang lain).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:35
Last Modified: 11 Oct 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item