Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Fitness Menggunakan Membership Card Di Fitday Studio Kota Madiun

Mutmainah, Mutmainah (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Fitness Menggunakan Membership Card Di Fitday Studio Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190146 - Mutmainah - skripsi tesiss.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutmainah. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Fitness Menggunakan Membership Card Di Fitday Studio Kota Madiun. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra, S.H.I., M.H.Li.
Kata Kunci/Keywords: Ijārah, Membership Card, Denda
Seiring perkembangan zaman banyak badan usaha baru yang bergerak dalam berbagai bidang dan mulai menggunakan member card untuk segala hal. Fitday Studio merupakah salah satu yang menggunakan kartu member untuk mempermudah dalam perekapan absensi. Dalam ijārah ijab kabul harus menyebutkan masa atau jangka waktu yang ditentukan pada saat akad. Namun di Fitday Studio Kota Madiun Studio tidak dijelaskan mengenai adanya tambahan biaya tambahan denda, member yang berkomitmen gym perbulan dan waktu sudah sebulan akad harusnya sudah selesai dan harus melakukan akad lagi bagi yang masih ingin melanjutkan member.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad sewa menyewa alat fitness menggunakan membership card di Fitday Studio? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap denda keterlambatan sewa menyewa alat fitness menggunakan membership card yang berlaku di Fitday Studio?.Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hukum yuridis empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif. Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam sewa menyewa alat fitnes menggunakan membership card di Fitday Studio melaksanakan akad sebagaimana syarat dan rukun akad Ijārah. Tinjauan hukum Islam terhadap pemberlakuan biaya tambahan berupa denda dalam sewa menyewa alat fitnes menggunakan membership card yaitu denda/takwid di Fitday ini terdapat unsur rasa tidak ridho dari penyewa dikarenakan pemilik sewa melakukan keputusan secara sepihak terkait denda/takwid yang diberlakukan di Fitday Studio.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:05
Last Modified: 10 Oct 2023 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25663

Actions (login required)

View Item View Item