Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Margin Dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Jetis Kabupaten Ponorogo

Ardiansya, Ade Riqza Candra (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Margin Dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Etesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ardiansya, Ade Riqza Candra 2023. Tinjauan Hukum Ekonomi Islam terhadap Margin Dalam Pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakulitas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Farida Sekti Pahlevi, S.Pd., S.H., M. Hum
Kata Kunci/Keywords: Murabahah, Margin
Dalam Hukum Ekonomi Islam pembiayaan murabahah adalah jual beli dengan menegaskan harga beli dan harganya dilebihkan untuk keuntungan (margin). Pembiayaan murabahah dapat dilakukan secara tunai, ditangguhkan atau angsuran. Dalam praktik pembiayaan murabahah di BMT Surya Mandiri tanpa ada penyerahan objek barang dan apabila menyerahkan pada nasabah untuk membeli sendiri maka akan menggunkan konsep wa>kalah. Ada salah satu pegawai mengatakan untuk pembiayaannya masih mengarah kepada bank konvensional.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis Hukum Ekonomi Islam terhadap penerapan pembiayaan murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo? 2) Bagaimana analisis Hukum Ekonomi Islam terhadap mekanisme penetapan margin dalam pembiayaan murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo?

Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis kualitatif. Terkait teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumnetasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif.
Dari penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa penerapan pembiayaan murabahah yang dilakukan pihak BMT tidak sesuai dengan Hukum Ekonomi Islam, karena pihak koperasi tidak menyediakan barang dan mewakilakan nasabah untuk membeli sendiri, akan tetapi pihak BMT tidak memberikan surat kuasa pembelian pihak ketiga (wa>kalah) kepada nasabah dan tidak ada mabi (objek barang) sebagai rukun pembiayaan. Terkait mekanisme penetapan margin dalam pembiayaan murabahah sudah sesuai dengan Hukum Ekonomi Islam, karena dalam perhitungannya menggunakan metode flat dan jumlah presentase keuntungan dibawah koperasi konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:02
Last Modified: 10 Oct 2023 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item View Item