Telaah Sosiologi Keluarga Terhadap Pemenuhan Fungsi Keluarga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Hardiansyah, Wahyu febri (2023) Telaah Sosiologi Keluarga Terhadap Pemenuhan Fungsi Keluarga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190257_WAHYU FEBRI HARDIANSYAH_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (913kB)

Abstract

ABSTRAK
Hardiansyah, Wahyu Febri 2023. Telaah Sosiologi Keluarga Terhadap Pemenuhan Fungsi Keluarga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Rizki Amalia Sholihah, S. Hum., M.Pd
Kata Kunci: Sosiologi Keluarga, Fungsi Keluarga, Tunagrahita, Hukum Keluarga Islam, Ponorogo.
Sosiologi keluarga merupakan suatu ilmu yang membahas terkait interaksi, dan perubahan yang terjadi dalam keluarga, yang mempengaruhi perubahan masyarakat yang nantinya akan berpengaruh juga pada sistem dalam keluarga secara umum. Dalam sosiologi keluarga juga mengatur bagaimana pemenuhan fungsi dalam kehidupan berkeluarga dan mengatur pembagian peran didalam sebuah keluarga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana telaah sosiologi keluarga dalam pembagian peran keluarga tunagrahita dalam membentuk keluarga harmonis di Desa. Karangpatihan Kecamatan. Balong Kabupaten. Ponorogo Jawa Timur? (2) Bagaimana telaah sosiologi keluarga terhadap faktor hambatan dan pendukung untuk membentuk keluarga harmonis pada keluarga Tunagrahita di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur?
Adapun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan secara normatif yaitu dengan mengkaji terhadap pemenuhan fungsi pada keluarga tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif sistematis dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Dari hasil penelittian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pembagian peran keluarga tunagrahita menurut sosiologi keluarga sudah menjalankan tetapi belum secara maksimal karena dengan kondisi mereka yang mengalami tunagrahita. Walaupun dengan segala keterbatasan yang dimiliki tidak menjadi suatu alasan untuk membangun keluarga harmonis yang sederhana. (2) faktor penghambatan dalam menjalankan pembagian peran keluarga adalah dari kondisi fisik dan psikis pada keluarga tunagrahita itu sendiri. Selanjutnya faktor pendukung keluarga tunagrahita dalam pemenuhan fungsi dan pembagian peran keluarga dalam membentuk keluarga harmonis adalah faktor eksternal yaitu dari keluarga tunagrahita, masyarakat setempat, rumah Harapan Mulya, dan pemerintah desa Karangpatihan kecamatan Balong kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rizki Amalia Sholihah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:29
Last Modified: 09 Oct 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item