BERITA PIDATO POLITIK JOKO WIDODO PADA GERAKAN NUSANTARA BERSATU (Analisis Komparasi Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Terhadap Berita Di Media Online Antaranews.com Dan Viva.co.id)

Arrizal, Muhammad Khatomi (2023) BERITA PIDATO POLITIK JOKO WIDODO PADA GERAKAN NUSANTARA BERSATU (Analisis Komparasi Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Terhadap Berita Di Media Online Antaranews.com Dan Viva.co.id). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Muhammad Khatomi Arrizal - 302190104 - KPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Presiden Joko Widodo berpidato mengenai sosok pemimpin berambut putih. Tren topik berawal setelah Presiden Joko Widodo menyinggungnya sebagai salah satu ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya. Pernyataan itu dilontarkan Jokowi saat menghadiri Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. Jokowi menilai, kesungguhan pemimpin itu bisa dilihat dari tampilan fisiknya, seperti rambut, dan wajah. Pemberitaan ini menjadi sangat menarik karena Presiden Jokowi sendiri yang mempersilahkan masyarakat untuk bebas menafsirkan isi pidato yang ia sampaikan. Pada kesempatan ini media online berlomba-lomba untuk menyebarkan pemberitaan mengenai pidato yang disampaikan oleh Joko Widodo. Dua media online yang cukup gencar memberitakan hal tersebut adalah Antaranews.com dan Viva.co.id.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis framing menggunakan pendekatan Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki.Objek dalam penelitian ini adalah pemberitaan mengenai pidato politik Joko Widodo pada acara Gerakan Nusantara Bersatu yang diunggah pada 26 November 2022 sampai 9 Desember 2022. Sedangkan subjek penelitian ini adalah media online Antaranews.com dan Viva.co.id. Berdasarkan latar belakang dan pendekatan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana framing pemberitaan pidato politik Joko Widodo pada Gerakan Nusantara Bersatu di media online Antaranews.com dari unsur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris? (2) Bagaimana framing pemberitaan pidato politik Joko Widodo pada Gerakan Nusantara Bersatu di media online Viva.co.id dari unsur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris? (3) Bagaimana perbandingan framing pada pemberitaan pidato politik Joko Widodo pada Gerakan Nusantara bersatu di media online Antaranews.com dan Viva.co.id?.
Setelah melakukan analisis framing melalui sepuluh berita yang diambil pada media online Antaranews.com dan Viva.co.id, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan dalam pembingkaian berita dari kedua media tersebut. Pada Antaranews.com, pemberitaan pidato politik Joko Widodo lebih menonjolkan mengenai pidato Jokowi yang membahas tentang perekonomian, pembangunan infrastruktur, motivasi, dan kebangsaan. Sedangkan Viva.co.id membingkai pemberitaan pidato politik Joko Widodo dengan menonjolkan pernyataan-pernyataan kritikan dari tokoh partai lawan Jokowi. Viva.co.id juga cenderung menggunakan judul berita yang provokatif dan mengambil kutipan wawancara dari tokoh partai oposisi yang mengkritik pidato Jokowi yang menyuarakan “rambut putih” pada acara Gerakan Nusantara Bersatu.
Kata kunci: Analisis Framing, Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, Pidato Politik, Jokowi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:22
Last Modified: 09 Oct 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25648

Actions (login required)

View Item View Item