Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam menumbuhkan Akhlakul Karimah Dan Kesadaran Beribadah Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Badegan, Ponorogo).

Ardianto, Ridwan (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam menumbuhkan Akhlakul Karimah Dan Kesadaran Beribadah Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Badegan, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190232_RIDWAN ARDIANTO_PAI.pdf

Download (796kB)

Abstract

Ardianto, Ridwan. 2023. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Akhlakul Karimah dan Kesadaran Beribadah Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani., M.Pd.I
Kata Kunci: Peran guru pendidikan agama Islam, akhlakul karimah, kesadaran beribadah Di zaman modern ini banyak guru yang mengeluh karena anak zaman sekarang suka membantah dan tidak memiliki sopan santun kepada yang lebih tua. Selain itu, kesadaran penghambaan siswa terhadap Allah Swt juga disampingkan oleh urusan duniawi seperti acuh, menunda dan melalaikan ibadah kepada Tuhan YME. Namun tidak di SMA Negeri 1 Badegan ketika menyapa dan menegur guru siswa dan ketika waktunya beribadah mereka langsung ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah tanpa harus menunggu perintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran
guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran beribadah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Dampak peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan akhlakul karimah dan kesadaran beribadah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep dari Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa dilihat dari guru sebagai demonstrator dengan penyampaian materi menggunakan metode yang bervariasi, guru sebagai pembimbing dan motivator dengan menumbuhkan nilai-nilai akhlakul karimah melalui pembiasaan, keteladanan dan nasehat. (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran beribadah siswa dilihat dari guru sebagai demonstrator dengan penyampaian materi menggunakan metode yang bervariasi, guru sebagai pembimbing dan motivator dengan menumbuhkan nilai-nilai kesadaran beribadah melalui pembiasaan, keteladanan dan nasehat. (3) dampak peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan akhlakul karimah dan kesadaran beribadah siswa berupa menjalankan salat dhuha dan salat zuhur berjamaah tanpa ada paksaan, siswa tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan, berperilaku ikhlas, jujur dan selalu bersyukur dengan istiqomah beramal, siswa memiliki rasa tolong menolong, bertawadu’ dan siswa membudayakan perilaku sopan santun dengan 3S (sapa, salam, senyum) di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:21
Last Modified: 09 Oct 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25647

Actions (login required)

View Item View Item