Komunikasi Keluarga Islam Antara Orang Tua Dan Anak (Studi Kasus Terhadap Keluarga TKW Di Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)

Ikbar, Dheo Jawahir (2023) Komunikasi Keluarga Islam Antara Orang Tua Dan Anak (Studi Kasus Terhadap Keluarga TKW Di Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190029-DHEO JAWAHIR IKBAR-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jawahir ikbar, Dheo. 2023. " KOMUNIKASI KELUARGA ISLAM ANATARA ORANG TUA DAN ANAK (Studi Kasus Terhadap Keluarga TKW di Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun) " Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Anis Hidayatul Imtihanah, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Komunikasi , Keluarga.
Komunikasi berperan penting dalam kehidupan manusia dan waktu yang diluangkan dalam proses komunikasi sangat besar.komunikasi pasti terjadi dalam kehidupan keluarga. Tanpa adanya komunikasi, kehidupan keluarga akan sepi dari kegiatan berbicara, berdialog bertukar pikiran. Kondisi tersebut akan mengakibatkan kerawanan hubungan antara anggota keluarga, oleh karena itu komunikasi antara suami dan istri, komunikasi antara orang tua dengan anak perlu dibangun secara harmonis dalam rangka membangun hubungan yang baik dalam keluarga. Penelitian ini dilakukan di desa Doho karena di desa ini banyak orang tua yang merantau baik di luar negeri maupun di dalam negeri.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pola komunikasi keluarga islam di Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana Urgensi komunikasi keluarga islam di desa Doho kecamatan Dolopo kabupaten Madiun?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Psikologi Keluarga Islam.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: pertama, keluarga dengan orang tua yang merantau di Desa Doho itu bisa berkomunikasi dengan baik dan jika dikaitkan dengan aspek komunikasi keluarga juga sudah terealisasi. Berdasarkan aspek komunikasi keluarga tata cara komunikasi keluarga itu ada 4 macam yaitu komunikasi verbal, nonverbal, individual, dan kelompok. Dari tata cara tersebut 4 keluarga yang ada di Desa Doho yang telah saya wawancarai termasuk masuk dalam komunikasi verbal karena kegiatan komunikasi verbal menempati frekuensi terbanyak dalam keluarga setiap hari orang tua selalu ingin berbincang - bincang kepada anaknya, canda dan tawa menyertai dialog antara orang tua dan anak. walaupun terpaut jarak yang jauh hal tersebut bukanlah sebuah halangan dan rintangan bagi mereka. Kedua, di desa Doho keempat keluarga dengan orang tua merantau yang menjelaskan tentang urgensi/pentingnya komunikasi dalam keluarga jika dikaitkan dengan aspek komunikasi keluarga adalah sama atau sudah terealisasi. Dari aspek komunikasi keluarga dan keempat keluarga di Desa Doho sama-sama menjelaskan bahwa komunikasi keluarga itu sangatlah penting karena untuk mewujudkan keluarga yang harmonis. Untuk mewujudkan keluarga yang harmonis didalamnya harus ada keterbukaan, kejujuran, kepercayaan walaupun anggota keluarga tersebut ada yang merantau kalau mereka menerapkan ketiga hal tersebut komunikasi mereka akan lancar dan tercipta keluarga yang aman, damai, dan tentram.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:19
Last Modified: 09 Oct 2023 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item