Kafaah Dalam Perkawinan Menurut Pandangan Ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran Perspektif Fikih Munakahat

Choirurrohamah, Isbit (2023) Kafaah Dalam Perkawinan Menurut Pandangan Ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran Perspektif Fikih Munakahat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190219_Isbit Choirurrohmah_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Choirurrohmah, Isbit. 2023. Kafaah Dalam Perkawinan Menurut Pandangan Ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Perspektif Fikih Munakahat. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Udin Safala, S. Ag., M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Kafaah, Perkawinan, Pandangan Ustaz
Dalam aturan Islam Kafaah dianjurkan sebagai tolak ukur untuk memilih calon pasangan yang sepadan dengan dirinya, supaya rumah tangga tetap terjaga kesejahteraanya sehingga dapat mencegah terjadinya suatu perceraian. Kriteria kafaah yang telah dirumuskan oleh para ‘ulama itu ada enam, yaitu agama (diyanah), keturunannya (nasab), merdeka, harta, pekerjaan, dan terbebas dari cacat. Karena apabila hal tersebut tidak dipertimbangkan dapat menjadi faktor terhambatnya kesejahteraan rumah tangga. Namun pada kenyataannya saat ini beberapa masyarakat tidak terlalu memperdulikan hal kafaah ini. Misalnya beberapa ustaz di Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran yang berpendapat bahwa kafaah itu sebagai salah satu solusi untuk menjaga keutuhan rumah tangga dengan mencari pasangan yang sepadan dalam pemahaman agama saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kafaah dalam perkawinan menurut pandangan ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran Magetan perspektif fikih munakahat? Bagaimana penerapan kafaah dalam perkawinan ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran Magetan perspektif fikih munakahat? Bagaimana urgensi kafaah dalam perkawinan menurut pandangan ustaz Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Takeran Magetan?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa diantara beberapa kriteria kafaah yang paling utama untuk dipertimbangkan adalah dalam hal agama. Karena dalam Islam agama merupakan syarat sah dalam sebuah perkawinan. Penerapan kafaah yang dipraktikkan sudah sesuai dengan yang ditulis dalam kitab fikih munakahat karangan Beni Ahmad Saebeni yaitu yang baik dalam membangun kafaah dalam rumah tangga adalah yang memilih dan menikahi pasangan yang baik agama dan budi pekertinya. Urgensi kafaah untuk mewujudkan kemaslahatan dalam menjalani kehidupan rumah tangga sakinah sehingga tercapai apa yang menjadi tujuan dalam perkawinan serta kafaah bukan sebagai jaminan bahwa rumah tangga akan sejahtera melainkan kafaah sebagai suatu solusi untuk mencapai kesejahteraan dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:46
Last Modified: 04 Oct 2023 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item