KEWAJIBAN MENDIDIK ANAK DALAM KITAB TUḤFATUL MAUDŪD BI AḤKĀMIL MAULŪD KARYA IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH KONTRIBUSI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MILENIAL

Handayani, Melinia Meri (2023) KEWAJIBAN MENDIDIK ANAK DALAM KITAB TUḤFATUL MAUDŪD BI AḤKĀMIL MAULŪD KARYA IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH KONTRIBUSI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MILENIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201180146_Melinia Meri Handayani_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Handayani, Melinia Meri. 2023. Kewajiban Mendidik Anak Dalam Kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah Kontribusi Terhadap Pembentukan Karakter Generasi Milenial. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mughniatul ‘Ilma, M.Ag
Kata kunci : Pendidikan Anak, Pembentukan Karakter, Generasi Milenial.
konsep kewajiban mendidik anak dalam Kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, maka dapat dipahami bahwa tabiat/perilaku/karakter generasi milenial dapat dikendalikan atau dikontrol melalui aspek kewajiban mendidik anak yang dilakukan oleh orang tua. Sehingga watak dan kepribadian yang terbentuk pada anak juga sangat dipengaruhi oleh cara dan corak orang tua dalam memberikan pendidikan dan bimbingan terhadap anak-anak di dalam keluarganya.
Berdasarkan permasalahan diatas penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep kewajiban mendidik anak menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd? 2) Bagaimana kontribusi kewajiban mendidik anak terhadap pembentukan karakter generasi milenial?
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) penulis mengkaji Kewajiban Mendidik Anak Dalam Kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara metode dokumentasi. Adapun metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan pengelolaan pesan.
Penelitian dalam penelitian ini dapat disimpulkan hasilnya sebagai berikut: 1) analisis terhadap kewajiban mendidik anak menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd, yaitu pendidikan iman, pendidikan fisik/jasmani, pendidikan rasio/akal dan pendidikan moral 2) kontribusi kewajiban mendidik anak menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfatul Maudūd Bi Aḥkāmil Maulūd terhadap pembentukan karakter generasi milenial ialah dari berbagai upaya yang dilakukan oleh orang tua sebagai bentuk kewajiban dalam mendidik anak, diharapkan dapat membentuk karakter-karakter yang baik dalam diri anak. Karakter tersebut di antaranya: nilai karakter religius, nilai karakter toleransi, nilai karakter kerja keras, nilai karakter kreatif, nilai karakter rasa ingin tahu, dan nilai karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul 'Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:54
Last Modified: 29 Sep 2023 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item View Item