..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MINYAK GORENG BERSYARAT DI TOKO MARYAM DESA KRAMAT LAMONGAN

Khair, Nur Hamidah Irba'ul (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MINYAK GORENG BERSYARAT DI TOKO MARYAM DESA KRAMAT LAMONGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
e thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam melakukan kegiatan bermuamalah Allah SWT telah memerintahkan umatnya untuk melakukannya secara adil dan atas dasar suka sama suka antara kedua belah pihak. Jual beli bersyarat merupakan suatu proses transaksi yang memperjual belikan bahan pangan berupa minyak goreng yang dilakukan Toko Maryam Desa Kramat Lamongan, jual beli ini dilakukan antara pedagang Toko Maryam sebagai penjual dan warga sekitar sebagai pembeli. Akad dalam jual beli minyak goreng ini bergantung pada syarat sebagai kebolehan membeli minyak goreng dengan harga normal, dan ketika tidak adanya syarat harga yang diberikan cukup tinggi. Adapun penentuan harga jual beli minyak goreng yang berbeda diberikan kepada pembeli yang satu dengan pembeli yang lainnya. Di mana pedagang memberikan harga normal namun terdapat syarat dan tidak ada syarat namun diberikan harga yang cukup tinggi, harga ini diberikan sebagai ganti yang dijadikan syarat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli minyak goreng bersyarat di Toko Maryam Desa Kramat Lamongan? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penentuan harga jual beli minyak goreng bersyarat di Toko Maryam Desa Kramat Lamongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara untuk menggali data yang dibutuhkan kemudian menganalisisnya.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) akad dalam jual beli minyak goreng bersyarat tetap sah menurut hukum Islam, karena terpenuhinya rukun dan syarat jual beli. Adanya syarat dinyatakan s}hahih, jual beli yang demikian ini adalah sah jika ada penjelasan dalam objek yang disyaratkan dan syarat tersebut merupakan bagian dari tujuan akad. (2) penentuan harga dalam jual beli minyak goreng bersyarat di Toko Maryam Desa Kramat Lamongan belum sesuai dengan penentuan harga menurut hukum Islam, karena dalam praktiknya belum sesuai dengan salah satu prinsip penentuan harga jual beli dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:42
Last Modified: 29 Sep 2023 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item