..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 Terhadap Pola Penetapan Harga Komoditi Pangan di Pasar Songgolangit Ponorogo

Aulia Fitri, Khusnul (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 Terhadap Pola Penetapan Harga Komoditi Pangan di Pasar Songgolangit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190018-Khusnul Aulia Fitri-HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aulia Fitri, Khusnul, 2023. Analisis Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 Terhadap Pola Penetapan Harga Komoditi Pangan di Pasar Songgolangit Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anjar Kususiyanah, M.Hum
Kata Kunci: Harga, Pasar, Komoditi Pangan
Pola penetapan harga komoditi pangan di pasar Songgolangit Ponorogo adalah suatu cara yang dilakukan oleh pedagang dalam hal penetapan harga untuk mendapatkan keuntungan. Pedagang di pasar Songgolangit menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda, sehingga persaingan akan sering terjadi di dalamnya. Dalam hal penetapan harga, meskipun sudah ada harga acuan untuk sebuah komoditas pangan tetapi banyak pedagang yang masih mengambil keuntungan dengan cara menaikkan harga barang tersebut. Berdasarkan hukum ekonomi syariah, penetapan harga (tas’ir) larangan penetapan harga ketika mengakibatkan kedzaiman bagi penjual maupun pembeli. Tujuan dari penetapan harga adalah mencapai harga yang stabil dan tidak mudah terjadinya perubahan harga. Dengan adanya kestabilan harga maka akan terhindar dari adanya persaingan usaha yang tidak sehat sesuai dengan larangan UU No. 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana analisis hukum ekonomi syariah terhadap pola penetapan harga komoditi pangan di pasar Songgolangit Ponorogo? bagaimana analisis UU No. 5 Tahun 1999 terhadap pola penetapan harga komoditi pangan di pasar Songgolangit Ponorogo?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang analisis Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 terhadap pola penetapan harga komoditi pangan di pasar Songgolangit.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di pasar Songgolangit Ponorogo sebagai pencarian data untuk selanjutnya dilakukan analisis. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hukum ekonomi syariah, pola penetapan harga para pedagang di pasar Songgolangit menggunakan pola penetapan harga dengan dua pola yakni pola harga tetap yang telah ditentukan dari biaya ditambah laba dan menggunakan pola penetapan harga tidak tetap dengan perhitungan biaya pengeluaran ditambah laba yang diinginkan dengan laba yang bersifat fleksibel. Dalam UU No. 5 Tahun 1999 tidak menjelaskan secara langsung tentang penetapan harga tetapi didalamnya terdapat prinsip yang bisa dijadikan pedoman sebagai penetapan harga. Penetapan harga berdasarkan prinsip-prinsip dari UU No. 5 Tahun 1999 ialah tidak diperbolehkannya adanya kecurangan yang mengakibatkan kerugian kepada konsumen maupun pedagang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:28
Last Modified: 27 Sep 2023 07:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item