Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Kelas VIII Bilingual di MTsN Kota Madiun

Wulandiya, Nabila (2023) Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Kelas VIII Bilingual di MTsN Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206910179_Wulandiya Nabila_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nabila, Wulandiya. 2023. Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Kelas VIII di MTsN Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Wediningsih, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Keterampilan Berbahasa Inggris
Proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan. MTsN Kota Madiun menyajikan berbagai program kelas yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Salah satunya program kelas Bilingual di mana kelas tersebut memiliki beberapa kegiatan pembelajaran guna meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswanya. Hal tersebut memerlukan manajemen pembelajaran yang sesuai agar keterampilan berbahasa Inggris seperti menyimak (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing) berjalan sesuai tujuan pembelajaran.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui dan menganilisis perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris kelas VIII bilingual di MTsN Kota Madiun, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris kelas VIII bilingual di MTsN Kota Madiun, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris kelas VIII bilingual di MTsN Kota Madiun.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran diawali dengan menentukan tujuan pembelajaran, penyusunan perangkat atau program pembelajaran, penentuan hari efektif dan menyusun prota, promes, silabus dan RPP melalui rapat yang dilaksanakan di awal tahun pembelajaran baru, (2) Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada proses pengelolaan kegiatan dan waktu, tempat, bahan ajar, pengelolaan siswa dan sumber belajar yang akan digunakan. Nantinya tugas pengelolaan tersebut diserahkan kepada masing-masing guru untuk mengatur bagaimana jalannya pelaksanaan pembelajaran, (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengadakan rapat rutin di setiap akhir semester. Hasil kegiatan rapat dalam evaluasi pembelajaran dapat dilihat melalui ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan melalui perencanaan penyusunan program pembelajaran yang dibuat sebelumnya, yaitu prota, promes, silabus dan RPP dan berdasarkan tes baik tulis maupun lisan dalam kegiatan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:32
Last Modified: 26 Sep 2023 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item