Mujiono, Elok (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Loyalotas Pelanggan di Pasar Ex Stasiun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
revisi2 ethesis skripsi 401190246_ELOK TRI INKA MUJIONO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pasar Ex Stasiun Ponorogo kota dulunya merupakan jalur kereta nonaktif di Jawa Timur yang menghubungkan Madiun dengan Ponorogo, sekarang tempat tersebut aktif digunakan sebagai pasar tradisional oleh masyarakat Ponorogo. Saat ini beberapa penjual di pasar Ex Stasiun Ponorogo mengalami penurunan penjualan yang dikarenakan banyaknya pesaing seperti pasar yang lebih besar, jarak pasar dengan pasar lainnya yang dekat, supermarket,dls. Beberapa faktor yang mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu kualitas pelayanan islam,
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Islam, kualitas produk, dan harga terhadap loyalitas pelanggan di Pasar Ex Stasiun Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner kepada 96 konsumen di Pasar Ex Stasiun Ponorogo. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan dibantu menggunakan aplikasi SPSS yang dilakukan dengan tahapan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan Islam, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Pasar Ex Stasiun Ponorogo. Sedangkan variabel harga menunjukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan, variabel kualitas pelayanan Islam, kualitas produk, dan harga secara bersama-bersama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan di pasar Ex Stasiun Ponorogo. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai koefisien korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,688 dan nilai R Square sebesar 0,473 menunjukkan bahwa persentase pengaruh kualitas pelayanan Islam, kualitas produk, dan harga terhadap loyalitas pelanggan di pasar Ex Stasiun Ponorogo sebesar 47,3 %. Sedangkan sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Maulida Nurhidayati |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 05:47 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 05:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25598 |
Actions (login required)
View Item |