TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI WORTEL DI PASAR TRADISIONAL DESA GANDU KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO

Rohmanu, Abid (2023) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI WORTEL DI PASAR TRADISIONAL DESA GANDU KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190008_EKI NOVITASARI_HES.pdf

Download (998kB)

Abstract

Dalam sosiologi hukum terdapat teori yang menjelaskan mengenai konsep Kesadaran Hukum yang menyatakan bahwa kesadaran atau nilai-nilai yang terdapat di dalam diri manusia tentang hukum yang ada atau tentang hukum yang doharapkan ada. Dalam hal ini lebih menekankan kesadaran hukum sebagai nilai yang ada di dalam diri manusia. Di Pasar Tradisional Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo terdapat praktik jual beli sayuran wortel. praktik jual beli tersebut ditengarai merugikan salah satu pihak dikarenakan terjadinya percampuran kualitas wortel dan pemotongan berat timbangan tanpa adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Adapun pokok permasalahan yang akan diteliti yaitu: (1) Bagaimana Analisis Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Kepatuhan dan Pemahaman Hukum Tentang Praktik Jual Beli Wortel Di Pasar Tradisional Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?(2) Bagaiamana Analisis Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Perilaku Dalam Praktik Jual Beli Wortel Di Pasar Tradisional Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? Adapun jenis penelitian yag dilakukan penulis merupaka penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunkaan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemahaman hukum para tengkulak wortel dalam praktik jual beli wortel ini jika dilihat dari kacamata sosiologi hukum mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu: (1) minimnya ilmu pengetahuan dan pemahaman hukum membuat para tengkulak melakukan berbagaai cara agar objek dagangannya laku terjual.(2) Faktor ekonomi, bagi para tengkulak yang mayoritas ekonominya menengah keatas belum sepenuhnya sadar akan pemahaman hukum.(3) Faktor Sosial, faktor ini bisa berdampak bagi kesadaran hukum, jika aspek lingkungan dalam tanda kutip negatif juga bisa berdampak terhadap pola pikir masyarakat. Perilaku para tengkulak dalam praktik jual beli Wortel ditinjau dari kacamata sosiologi hukum dapat dikategorikan kedalam tindakan sosial Max Weber yaitu (1) Tindakan rasional instrumental, tersendiri yaitu agar wortel yang kualitasnya buruk ikut laku terjual dan tidak terbuang-buang. (2) Tindakan afektif, dimana para tengkulak didominasi dengan perasaan yang ingin mendapatkan keuntungan (3)Tindakan rasional nilai, dimana para pembeli (pegecer) sudah memaklumi dengan adanya pemotongan berat timbangan (4)Tindakan Tradisional, Praktik jual beli wortel dengan sistem ini sudah menjadi kebiasaan dan sudah ada sejak dahulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:39
Last Modified: 25 Sep 2023 05:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item View Item