..(TAMBAHKAN TANDA TANGAN ASLI DENGAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)_..Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik di SMKN 1 Ponorogo

Zidane, Ahmad (2023) ..(TAMBAHKAN TANDA TANGAN ASLI DENGAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)_..Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_206190122_Zidane Ahmad..pdf

Download (2MB)

Abstract

Prestasi siswa sangat menjadi perhatian masyarakat. Sekolah yang mampu menciptakan prestasi siswa dipandang sekolah yang positif, sebaliknya sekolah yang minim menciptkan prestasi siswa dipandang sekolah negatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di SMKN 1 Ponorogo? (2) Bagaimana0pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di SMKN 1 Ponorogo? (3) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di SMKN 1 Ponorogo?
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Dengan jenis penelitian analisis deskriptif. permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan di SMKN 1 Ponorogo untuk mendapatkan pemikiran manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis, dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan meningkatkan prestasi akademik meliputi: (a) Program identifikasi kecerdasan dan potensi siswa. (b) Program pengelompokan siswa. (c) Program motivasi belajar. (d) Program kedisiplinan. Sedangkan perencanaan mengingkatkan prestasi non-akademik meliputi: (a) Identifikasi kegiatan non-akademik yang sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa. (b) Sosialisasi kegiatan non-akademik. (c) Identifikasi sarana-prasarana penunjang kegiatan non-akademik. Pelaksanaan meningkatkan prestasi akademik meliputi: (a) Identifikasi kecerdasan dan potensi siswa. (b) Pengelompokan siswa. (c) Pengarahan dan bimbingan motivasi belajar. (d) pengarahan dan pembinaan kedisiplinan siswa. Sedangkan pelaksanaan meningkatkan prestasi non-akademik meliputi: (a) penyelenggaraan kegiatan non-akademik yang sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa. (b) mendorong keikutsertaan siswa pada kegiatan non-akademik yang diselenggarakan. (c) mengelompokkan siswa pada kegiatan non-akademik yang dipilih. (d) menunjuk pembina kegiatan non-akademik sesuai kompetensinya. Evaluasi meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik meliputi: (a) Tes tulis. (b) Membandingkan pencapaian hasil pembelajaran dengan target yang ditentukan. (c) Aktif mengikutsertakan peserta didik pada kompetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:00
Last Modified: 22 Sep 2023 09:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25583

Actions (login required)

View Item View Item