Manajemen Program Organisasi Intra Sekolah dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo)

Alwi, Iqbal (2023) Manajemen Program Organisasi Intra Sekolah dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180026_Iqbal Alwi_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Alwi, Iqbal. 2023. Manajemen Organisasi Intra Sekolah dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukibat, M.Ag
Kata Kunci : Manajemen Program Organisasi, Pengembangan Karakter Kepemimpinan, MAN 2 Ponorogo.
Manajemen merupakan dasar penting dalam pengelolaan suatu organisai maupun lembaga Pendidikan, MAN 2 Ponorogo adalah salah satu lembaga yang memiliki pengelolaan yang baik didasari dari perkembangan lembaga yang pesat dalam kurun waktu 5 tahun ini, tertuang dalam visi madrasah yaitu Religius, Unggul, Berbudaya, dan Integritas, salah satu misi MAN 2 Ponorogo adalah Unggul dalam Manajemen, hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa MAN 2 Ponorogo sangat mengutamakan manajemen dalam lembaganya, manajemen yang dibangun oleh madrasah tidak hanya terfokus pada manajemen lembaga, juga meranah pada manajemen program organisasi siswa yang terus berkembang dan berbenah.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program organisasi intra sekolah berupa (1) perencanaan program organisasi, (2) penerapan dan pelaksanaan program organisasi, (3) evaluasi program organisasi, dan (4) implikasi program organisasi intra sekolah dalam pengembangan karakter kepemimpinan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Anggota Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan, Pembina OSIS/M, Pengurus OSIS/M, dan Alumni OSIS/M. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan dalam manajemen program dimulai dengan tahap; a) Perumusan dan penetapan tujuan, yang sesuai dengan visi sekolah dan tujuan OSIS; b) Kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah dalam penunjukkan pembina organisasi; c) Penyusunan program yang terdiri dari rapat kerja dan rapat pleno; dan d) Langkah-langkah atau procedure perencanaan program OSIS yang terdiri atas 2 tahap yakni pada tahap pembuatan dan tahap perencanaan. (2) Penerapan manajemen program OSIS dilaksanakan dengan berbagai tahap diantaranya; a) Pembekalan SDM berupa LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang diikuti oleh seluruh pengurus OSIS dan stakeholder organisasi lainnya; b) Pelaksanaan berbagai program OSIS yang dibagi menjadi program kerja umum dan program kerja SEKBID; c) Waktu pelaksanaan dilihat sesuai dengan kalender kegiatan dan rundown program; dan d) Terjalinnya relasi OSIS seperti dengan KPU dan home industry. (3) Evaluasi manajemen program OSIS di diantaranya; a) Pihak yang terlibat dalam evaluasi yakni Pembina OSIS dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan; b) Tahapan evaluasi terdiri atas pengawasan, rapat, dan LPJ; c) Waktu dilaksanakannya evaluasi yakni setelah kegiatan atau program dilaksanakan dan pada waktu akhir tahun; d) Pembahasan evaluasi yakni pada umumnya terkait kendala, pelaksanaan kegiatan serta pemberian motivasi bagi siswa; (4) Implikasi manajemen program organisasi intra sekolah dalam pengembangan karakter kepemimpinan siswa diwujudkan dengan pengoptimalan proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sehingga meningkatkan karakter kepemimpinan siswa secara kompersensif yaitu Spiritual Quotient (Potensi Spiritual), Emotional Quotient (Potensi Emosional), dan Intellectual Quotient (Potensi Intelektual).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:04
Last Modified: 22 Sep 2023 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25577

Actions (login required)

View Item View Item