..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIASI ETHESIS, UOPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMP NEGERI 2 PONOROGO (Studi Analisis Kualitatif di SMPN 2 Ponorogo)

Rahma, Nadia Alfia (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIASI ETHESIS, UOPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMP NEGERI 2 PONOROGO (Studi Analisis Kualitatif di SMPN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190160_Nadia Alfia Rahma_Manajemen Pendidikan Islam_Revisi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diharapkan mampu
membimbing dan merupakan pedoman dalam mengarungi bahtera kehidupan. AlQur’an sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari bagi seorang muslim, oleh
karenannya seorang muslim wajibnya belajar serta mengamalkan Al-Qur’an. Untuk
menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, tentunya perlu dimulai melalui sebuah
pembelajaran Al-Qur’an. Berdasarkan Hasil Survey Institut Ilmu Al-Quran (IIQ)
Jakarta menyebutkan bahwa 65% umat islam di Indonesia ternyata masih buta aksara
Al-Quran dan dewasa ini. Dalam kehidupan sehari-hari banyak anak-anak yang tidak
bisa baca Al-Quran. Untuk itu, manajemen pembelajaran Al-Quran yang bagus dalam
instansi pendidikan sangat penting agar anak-anak dapat membaca Al-Quran dengan
tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Negeri 2 Ponorogo; (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Negeri 2 Ponorogo; dan (3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Lapangan (filed research) mengenai Manajemen Program Pembelajaran Al-Quran dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMPN 2 Ponorogo. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari pengumpulan tersebut pembahasan pada skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari hasil penelitian ini ditemukan : (1) Perencanaan program pembelajaran Al-Quran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMPN 2 ponorogo perencanaaan diawali dengan adanya rapat koordinasi dari sekolah dengan pembimbing atau tutor BTQ, tujuan yang ingin dicapai, strategi pembelajaran yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, ustadzah pengampu dan media yang digunakan. (2) Dalam pelaksanakan pembelajaran, ustadzah pengampu menggunakan langkah-langkah mengajar yang sesuai dengan arahan dari sekolahan. (3) Evaluasi program pembelajaran Al-Quran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMPN 2 Ponorogo diadakan setiap pertemuan diakhir jam pembelajaran didalam kelas dengan hasil evaluasi kelancaran baca, tajwid, dan kesuaian tanda baca. Sedangkan dalam evaluasinya sindiri masih belum berjalan secara formal serta tidak adanya tindaa lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:01
Last Modified: 22 Sep 2023 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25576

Actions (login required)

View Item View Item