Peran Wanita Karir Dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Qir'ah Mubadalah (Studi Kasus Terhadap Dosen Perempuan Di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo)

Nurazizah, Ike (2023) Peran Wanita Karir Dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Qir'ah Mubadalah (Studi Kasus Terhadap Dosen Perempuan Di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190210_IKE NURAZIZAH_HKI-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurazizah, Ike 2023. Peran Wanita Karir dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Qirā’ah Mubādalah (Studi Kasus Terhadap Dosen Peremuan di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Pembimbing: Niswatul Hidayati. M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Peran Wanita Karir, Pembentukan Karakter Anak, Qirā’ah Mubādalah.
Wanita karir adalah seorang perempuan yang berkesinambungan dengan profesi pekerjaan. Umumnya karir ditempuh oleh perempuan di luar rumah. Berdasarkan pengamatan serta data yang didapatkan oleh penulis di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo memang sejak dulu sampai sekarang banyak perempuan yang mengajar di kampus tersebut, dari keseluruhan dosen yang mengajar disana terdapat 31 dosen perempuan. Bahkan kebanyakan dosen perempuan yang mengajar disana sudah berkeluarga. Dari jumlah tersebut peneliti akan mengambil 4 sampel dosen perempuan sebagai narasumber. Sesuai dengan Qirā’ah Mubādalah, pendidikan dalam keluarga sering kali menjadi penyebab terjadinya ketidak adilan gender. Dalam cara pandang ini, laki-laki dianggap berbeda dengan perempuan, sehingga keduanya nampak sangat bertentangan satu sama lain. Mengubah cara pandang tersebut merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang dapat dimulai dari kehidupan keluarga. Maka dari permasalahan diatas peneliti ingin mengkaji mengenai Peran Wanita Karir dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Qirā’ah Mubādalah (Studi Kasus Terhadap Dosen Perempuan di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan qirā’ah mubādalah terhadap upaya dosen perempuan di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo dalam pembentukan karakter anak?, Bagaimana tinjauan qirā’ah mubādalah terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi dosen perempuan di Fakultas Syariah IAIN Ponorogo dalam pembentukan karakter anak?
Adapun skrispsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kesetaraan gender. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode induktif.
Dapat disimpulkan bahwasanya pembentukan karakter dari sikap dan emosi menunjukan kesesuaian dengan konsep mubādalah berdasarkan lima pilar terutama dalam hal mu’āsyarah bil maʼrūf dan bermusyāwarah. Dari segi kepercayaan dan kebiasaan sesuai dengan konsep mubādalah berdasarkan lima pilar terutama dalam hal mu’āsyarah bil maʼrūf , musyāwarah, dan berpasangan. Adapun faktor penghambat dalam pembentukan karakter ialah, keluarga hal ini kurang sesuai dengan konsep mubādalah karena kedua orang tua memilik perbedaan prinsip. Selanjutnya lingkungan masyarakat dan teknologi hal ini sudah sesuai dengan konsep mubādalah berdasarkan lima pilar terutama dalam hal berpasangan dan mu’āsyarah bil maʼrūf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:35
Last Modified: 22 Sep 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item