Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Nurkhasanah, Farida (2023) Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190044_FARIDA NURKHASANAH_PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurkhasanah, Farida. 2023. Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berargumentasi, Model Pembelajaran CTL, PPKn.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis argumentasi siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV di MI Ma’arif Polorejo. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan peserta didik dalam kegiatan menulis argumentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diupayakan bentuk pembelajaran menulis yang lebih memberdayakan peserta didik yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) kemampuan menulis argumentasi siswa melalui keterlaksanaan model pembelajaran CTL. (2) kemampuan menulis argumentasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa, pertama dalam keterlaksanaan model pembelajaran CTL di siklus I memperoleh nilai rata-rata 93,42%. Kemudian, terjadi peningkatan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 96,71%, pada siklus II siswa mulai terbiasa dengan penerapan model CTL dan mengikuti pembelajaran sesuai rencana pembelajaran. Kedua, kemampuan menulis argumentasi siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian pada nilai pre-test memperoleh nilai persentase 35% kategori tuntas dan 65% kategori tidak tuntas. Pada siklus I kemampuan menulis argumentasi siswa meningkat dengan nilai persentase menjadi 69% kategori tuntas dan 31% kategori tidak tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai persentase 77% kategori tuntas dan 23% kategori tidak tuntas dengan memperoleh kualifikasi baik. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran yaitu peserta didik sangat bersemangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya peserta didik yang belum terbiasa dengan model pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:35
Last Modified: 22 Sep 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25572

Actions (login required)

View Item View Item