Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020

Purnama Sari, Yayuk Indah (2023) Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210316186_Yayuk Indah Purnamasari_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Purnamasari, Yayuk Indah. 2023. Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci: Bimbingan Orang Tua, Minat Belajar, Hasil Belajar
Hasil belajar adalah suatu tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari atau menerima materi pelajaran setelah kegiatan belajar mengajar, yang mana bisa dinyatakan dalam skor dan diperoleh hasil tes dari pelajaran tersebut. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor, baik faktor eksternal maupun faktor internal. Bimbingan orang tua merupakan faktor eksternal yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Selain bimbingan orang tua faktor internal yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah minat belajar siswa, karena setiap siswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda bahkan setiap harinya minat siswa terkadang baik terkadang juga turun. Di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan kelas XII tahun ajaran 2019/2020 masih terdapat siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dikarenakan kurangnya bimbingan dari orang tua bahwa pelajaran Fiqh adalah pokok dalam kegiatan ibadah sehari-hari, serta kurangnya minat siswa terhadap pelajaran Fiqh tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020, (2) untuk menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020, (3) untuk menjelaskan pengaruh bimbingan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan expost facto yang memiliki 3 variabel yaitu variabel bimbingan orang tua dan minat belajar (independen) dan hasil belajar (dependen). Populasi penelitian berjumlah 299 siswa dan sampelnya 90 siswa, teknik yang digunakan yaitu simple random sampling serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020 sebesar 72% (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020 sebesar 30% (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan tahun ajaran 2019/2020 sebesar 74,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:33
Last Modified: 22 Sep 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item