TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP TALAK DI LUAR PENGADILAN PERSPEKTIF KYAI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI KABUPATEN PONOROGO

Muta'al, Mohammad Khayun (2023) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP TALAK DI LUAR PENGADILAN PERSPEKTIF KYAI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI KABUPATEN PONOROGO. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
101190061-Mohammad Khayun Muta'al-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muta`al, Mohammad Khayun, 2023. Tinjauan Mas{lah{ah Mursalah Terhadap
Talak Di Luar Pengadilan Perspektif Kyai Pondok Pesantren Salafiyah
Di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam
Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing: Abid Rohmanu, M.H.I.
Kata Kunci: Talak Di Luar Pengadilan, Perspektif Kyai
Talak adalah melepaskan ikatan perkawinan dan mengakhiri hubungan perkawinan. Talak yang dilakukan di luar pengadilan tidak dianggap sah menurut hukum Negara. Sedangkan menurut hukum Islam talak dianggap jatuh dan sah ketika suami mentalak istrinya meskipun itu dilakukan di luar pengadilan. Kyai-Kyai pondok pesantren Salafiyah dizaman sekarang masih eksis dan masih bisa dikatakan hidup meskipun perkembangan zaman dan arus globalisasi dimasa milenial ini begitu pesat. Dibuktikan dengan masih berjalannya pengajian-pengajian kitab kuning, mujahadah, majlis dzikir yang dipimpin oleh para Kyai. Para Kyai sebagai tokoh agama dalam masyarakat juga sangat berperan penting bagi masalah keagamaan masyarakat khususnya mengenai praktik talak di luar pengadilan. Mereka para kyai tentunya memiliki perspektif yang berbeda mengenai permasalah ini dan bagaimana para Kyai merespon permasalahan talak di luar pengadilan ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah mursalah terhadap praktik talak di luar pengadilan perspektif Kyai Pondok Pesantren Salafiyah di Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah mursalah terhadap dampak yang ditimbulkan dari talak di luar pengadilan perspektif Kyai Pondok Pesantren Salafiyah di Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan normatif empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu menggunakkan metode analisis deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data kemudian dianalisis untuk mengambil kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan pertama, menurut analisis Mas{lah{ah Mursalah praktik talak di luar pengadilan memiliki unsur mudarat yang lebih dominan daripada unsur maslahatnya. Maka tentunya lebih didahulukan menggunakan mas{lah{ah. Jadi lebih baik talak di lakukan di pengadilan guna mendatangakan maslahat berupa terjaminnya kepastian hukum diantara keduanya. Kedua, mengenai dampak hukum dari talak di luar pengadilan yaitu hak asuh anak dan pembagian harta gono-gini menurut analisis peneliti pembagian kedua dampak hukum dari talak di luar pengdilan diatas sulit terealisasi jika diselesaikan secara kekeluargaan. Maka butuh pihak ketiga yaitu Pengadilan Agama guna menengahi permasalahan ini untuk mencapai suatu kemaslahatan kedua belah pihak dan menghindari kemudaratan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Location: IAIN PONOROGO
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:09
Last Modified: 21 Sep 2023 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25563

Actions (login required)

View Item View Item