TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PASANGAN LONG DISTANCE MARRIAGE DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA SUKOSARI KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN)

Rukmana, Elli (2023) TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PASANGAN LONG DISTANCE MARRIAGE DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA SUKOSARI KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ELLI RUKMANA - 101190035 - HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rukmana, Elli, 2023. Tinjauan Maslahah Terhadap Pasangan Long Distance Marriage Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Di Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: DR. H. Saifullah, M.Ag.
Kata Kunci/ Keyword: Maslahah, Pasangan Long Distance Marriage, Keluarga Sakinah.
Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, serta memiliki akibat hukum dari ikatan pernikahan tersebut yang mana mengakibatkan timbulnya hak dan kewajiban bagi keduanya. Kehidupan dalam pernikahan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pernikahan jarak jauh ataupun tinggal dalam satu rumah. Berbagai alasan pasangan suami istri menjalani pernikahan jarak jauh (long distance marriage) salah satunya yaitu faktor ekonomi. Bekerjanya suami di luar daerah di Desa Sukosari bertujuan untuk menafkahi istri dan anaknya dan untuk memperbaiki sistem perekonomian, terdapat tanggung jawab suami yang tidak dilaksanakan ketika meninggalkan istrinya. Semua tanggung jawab tersebut sama pentingnya, kemudian bagaimana dapat tercapai keluarga sakinah tetapi harus mengorbankan salah satu tanggung jawabnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjaun maslahah terhadap faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pasangan long distance marriage di Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun? bagaimana tinjauan maslahah terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan long distance marriage di Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun? dan bagaimana tinjauan maslahah terhadap kelebihan dan kekurangan long distance marriage dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun?.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualittatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode induktif.
Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor yang melatar belakangi pasangan long ditance marriage dikarenakan faktor ekonomi, memperbaiki kondisi perekonomian, terikat kontrak dan penugasan. Jika dilihat dari kategori dan tingkatan maslahah maka faktor-faktor yang menyebabkan pasangan long ditance marriage termasuk maslahah mursalah, maslahah dharuriyah dan maslahah hajiyah. Adapun pelaksanaan hak dan kewajiban sudah dilaksanakan dengan baik, walaupun ada yang pelaksanaannya kurang maksimal. Pernikahan jarak jauh juga memiliki kekurangan yaitu mengurus anak sendiri, kesepian dan menyelesaikan masalah sendirian. Sedangkan kelebihannya yaitu jarang sekali terjadi konflik dan kebutuhan ekonomi tercukupi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:02
Last Modified: 21 Sep 2023 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25556

Actions (login required)

View Item View Item