ANALISIS MASLAHAH DAN UU NO. 23 TAHUN 2004 TENTANG PERAN PENDAMPINGAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI UNIT PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN PONOROGO

Thifi, Kholifatul Izzula (2023) ANALISIS MASLAHAH DAN UU NO. 23 TAHUN 2004 TENTANG PERAN PENDAMPINGAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI UNIT PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
KHOLIFATUL IZZULA 101190050 HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Thifi, Kholifatul Izzula 2023. Analisis Maslahah dan UU No. 23 Tahun 2004 Tentang Peran Pendampingan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Unit Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Anjar Kususiyanah, M. Hum.
Kata Kunci: Pendampingan Hukum, Maslahah, Korban, Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Mas{lahah{ berasal dari kata kerja bahasa arab dan diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata maslahat, yang berarti mendatangkan kebaikan atau yang membawa kemanfataan dan menolak kerusakan. Dalam pendampingan hukum yang tujuannya untuk mencapai keadilan adalah konsep yang penting dalam usaha memberikan perlindungan bagi korban kekerasan dalam rumah tangga. UndangUndang telah mengatur penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan mencegah segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga. Pendampingan hukum juga berdampak baik pada korban kekerasa dalam rumah tangga serta sesuai dengan teori Maslahah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis UU No. 23 Tahun 2004 terhadap keadilan dalam pendampingan hukum korban kekerasan dalam rumah tangga di Unit Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo?; (2) Bagaimana analisis maslahah terhadap psikologis korban pasca pendampingan hukum di Unit Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendampingan hukum dalam penerapan keadilan dilakukan berdasarkan UU No. 23 Tahun 2004 dikarenakan pendamping sudah membantu melindungi korban, mengupayakan keadilan, dan berusaha mencegah terulangnya kekerasan di lingkup keluarga terulang kembali agar tercapainya kemaslahatan pada korban dengan memenuhi semua aspek keadilan seperti yang tercantum pada Undang-Undang. Kemudian, pendampingan hukum terhadap psikologis korban masuk pada maslahah daruriyah dikarenakan jika tidak segera didampingi korban bisa depresi dan berujung menyakiti diri sendiri ataupun membahayakan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:00
Last Modified: 21 Sep 2023 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25555

Actions (login required)

View Item View Item