..(FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG)..IMPLIKASI SISTEM PENGUPAHAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI pada UD MUKTI PERKASA DENGOK, SIMAN.

Apriliano, Toni Ferdian (2023) ..(FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG)..IMPLIKASI SISTEM PENGUPAHAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI pada UD MUKTI PERKASA DENGOK, SIMAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesejahteraan karyawan adalah kondisi dimana seorang karyawan dalam suatu perusahaan mendapatkan pelayanan, fasilitas, dan perlakuan dengan baik. Secara garis besar kesejahteraan karyawan yaitu terpenuhinya kebutuhan karyawaan secara jasmani maupun rohani yang dapat menjadi semangat kerja karyawan dalam bekerja. Dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan dapat menggunakan upah atau gaji yang diberikan kepada karyawan. Dengan sistem pengupahan yang baik serta tidak menunda-nunda pemberian upah karyawan maka secara tidak langsung mampu meningkatkan kesejahteraan karyaawan melalui sistem pengupahannya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggali data pada UD Mukti Perkasa, Dengok Siman, dengan melihat dari implikasi sistem pengupahan terhadap karyawannya sehingga dapat diketahui tingkat kesejahteraan karyawan pada UD Mukti Perkasa melalui sistem pengupahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek UD Mukti Perkasa Dengok Siman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah pemilik UD Mukti Perkasa dan karyawan UD Mukti Perkasa.
Dengan menerapkan sistem pengupahan yang disertai bonus, dimana peneliti melakukan penelitian menggunakan teori sistem pengupahan untuk melihat tingkat kesejahteraan karyawan di UD Mukti Perkasa, Dengok Siman, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan secara umum. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa perusahaan UD Mukti Perkasa menerapkan sistem pengupahan yang berbasis bonus namun ada ketidaksamaan dalam pemberian bonus disetiap karyawannya. Ketidaksamaan dalam pemberian bonus ini memang dalam islam sedikit berbeda pendapat, karena dalam ekonomi islam dalam system pengupahan menerapkan system pengupahan yang berlandaskan keadilan. Namun walaupun begitu tingkat kesejahteraan antar karyawan sudah terbilang terpenuhi semua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:59
Last Modified: 21 Sep 2023 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item