..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi

Anne, Putri, Triska (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180222_Triska Anne Putri_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Triska Anne. 2023. Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M.Pd.

Kata Kunci: Metode Mengajar Guru, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar.
Minat adalah suatu rasa yang lebih suka atau rasa ketertarikan pada suatu kegiatan yang ditunjukkan dengan keinginan, kecenderungan untuk memperhatikan kegiatan tersebut tanpa ada seorang pun yang menyuruh, dilakukan dengan kesadaran diri sendiri dan diikuti dengan perasaan yang senang. Namun sayangnya di SMPN 4 Widodaren Ngawi minat belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi yang dilakukan. Minat belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada faktor eksternal yaitu metode mengajar guru yang berada di dalam faktor sekolah, dan yang kedua lebih fokus kepada faktor keluarga. Faktor yang mempengaruhi metode mengajar guru meliputi 1) anak didik, 2) tujuan metode mengajar, 3) situasi, 4) fasilitas, 5) guru. Sedangkan faktor yang mempengaruhi lingkungan keluarga yaitu 1) cara orang tua mendidik, 2) relasi antar anggota keluarga, 3) suasana rumah, 4) keadaan ekonomi keluarga, 5) pengertian orang tua, 6) latar belakang kebudayaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. (2) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. (3) mengetahui pengaruh metode mengajar guru dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampel jenuh, yaitu sejumlah 59 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Berpengaruh secara signifikan antara metode mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. Besar pengaruh metode mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 34,4%. (2) Berpengaruh secara signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. Besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 24,9 %. (3) Berpengaruh secara signifikan antara metode mengajar guru dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 4 Widodaren Ngawi. Besar pengaruh metode mengajar guru dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 43,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:21
Last Modified: 20 Sep 2023 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item