Strategi Peningkatan Usaha UMKM Sambel Pecel "Bu Minten" Dalam Menghadapi Persaingan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Fransiska Diana, Lindri and Yuliani, Irma (2023) Strategi Peningkatan Usaha UMKM Sambel Pecel "Bu Minten" Dalam Menghadapi Persaingan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Revisi E-Thesis LindriFransiska .pdf

Download (1MB)

Abstract

Fransiska Diana, Lindri. Strategi Peningkatan Usaha UMKM Sambel Pecel “Bu Minten” dalam Menghadapi Persaingan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Irma Yuliani, SE., M.E.

Kata Kunci: Strategi UMKM, Peningkatan Usaha, Persaingan, Ekonomi Islam
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketidakstabilan hingga penurunan pendapatan UMKM Sambel Pecel “Bu Minten” dari 10 juta hingga 12 juta menjadi 8 juta perharinya. Perubahan bisnis yang semakin tidak menentu dan situasi yang semakin kompetitif menimbulkan persaingan yang semakin tajam sehingga membutuhkan beberapa strategi bertahan untuk menghadapi persaingan. Hal tersebut mengharuskan UMKM untuk mampu memaksimalkan inovasi dan pembaruan strategi bisnisnya agar dapat bersaing di pasar dan memenangkan persaingan sesuai dengan nilai moralitas dan etika yang sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan usaha di UMKM Sambel Pecel “Bu Minten” dalam menghadapi persaingan di tinjau dari perspektif ekonomi islam.
Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan metode pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari hasil wawancara dengan pemilik dan karyawan UMKM Sambel Pecel “Bu Minten” serta hasil dari pengamatan yang menghasilkan data deskriptif.
Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukakan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi bisnis yang dilakukan sudah baik dengan menerapkan strategi utamanya kestabilan harga, kestabilan kualitas bahan baku, digital marketing, perluasan target pasar dan peningkatan inovasi produk yang sesuai dengan syariat islam walaupun terdapat adanya kerjasama dengan bank konvensional. (2) Kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Dengan hasil analisis yaitu kekuatan diperoleh skor sebesar 3,85 sedangkan kelemahannya diperoleh sebesar 2,55, sehingga skor IFASnya 1,30 artinya bahwa dengan kekuatan yang ada dapat menutup kelemahan-kelemahan yang ada. Untuk peluang diperoleh skor sebesar 3,85 sedangkan ancaman diperoleh skor sebesar 2,70, sehingga skor EFASnya 1,15 artinya peluang yang ada dapat menutup ancaman-ancaman yang ada. (3) Dampak strategi bisnis yang dijalan terhadap posisi bersaing melalui strategi positioning yang diwujudkan dengan cara perluasan target pasar yang dilakukan, keunikan produk yang diciptakan serta keunggulan yang ada, maka UMKM tersebut mampu bersaing sehat dengan usaha sejenis lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IRMA YULIANI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:48
Last Modified: 20 Sep 2023 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25540

Actions (login required)

View Item View Item