Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Aplikasi Muamalat Din Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kcp Madiun

Windi, Shella Aprilia (2023) Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Aplikasi Muamalat Din Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kcp Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190090_SHELLA APRILIA WINDI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan perilaku atau hasil yang diamati dibandingkan dengan harapannya. Industri perbankan menyediakan fasilitas mobile banking guna mencapai kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh beberapa faktor, Menurut Handi Irawan diantaranya yaitu keamanan dan kemudahan. Apabila faktor keamanan dan kemudahan semakin tinggi maka kepuasan juga akan mengikuti naik, begitu pula sebaliknya apabila keamanan dan kemudahan rendah maka kepuasan juga semakin melemah. Namun teori tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada, di mana hasil wawancara dengan nasabah mengatakan bahwa keamanan mobile banking tergolong tinggi namun nasabah merasa tidak puas karena maraknya kasus pembobolan mobile banking. Sedangkan dalam penggunaanya, masih tergolong rumit tetapi nasabah merasa puas dan tetap menggunakan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh keamanan dan kemudahan aplikasi Muamalat DIN terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah Bank Muamalat KCP Madiun srbanyak 100 sampel responden menggunakan teknik sampling aksidental dengan ciri-ciri sebagai berikut: (1) nasabah Bank Muamalat KCP Madiun, (2) aktif menggunakan aplikasi Muamalat DIN. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial keamanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Madiun, dan kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Madiun. Sedangkan secara simultan keamanan dan kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:48
Last Modified: 20 Sep 2023 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25539

Actions (login required)

View Item View Item