Strategi Produk dalam Meningkatkan Omset Penjualan pada Toko Eny Kabupaten Ngawi Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam

Nurhaliza, Ananda Veri (2023) Strategi Produk dalam Meningkatkan Omset Penjualan pada Toko Eny Kabupaten Ngawi Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190222_Ananda Veri Nurhaliza_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Omset Penjualan merupakan jumlah keseluruhan pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan suatu barang dan jasa dalam jangka waktu tertentu. Salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan yaitu dengan menerapkan strategi produk melalui keragaman produk yang dipasarkan. Strategi produk yang dapat dietrapkan dalam meningkatkan omset penjualan bermacam-macam, namun dalam penelitian ini ditinjau dari perspektif etika bisnis islam. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisa praktek strategi produk yang diterapkan dalam meningkatkan omset penjualan berdasarkan perspektif Etika Bisnis Islam pada toko eny Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Toko Eny diperoleh hasil bahwa Strategi produk yang diterapkan pada Toko Eny yaitu, keragaman produk, penataan produk, persediaan produk, dan penetapan harga produk. Faktor yang melatarbelakangi penerapan strategi produk yaitu, faktor harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan pesaing. Serta dari adanya penerapan strategi produk memberikan dampak pada Toko Eny berupa dampak positif atau manfaat serta terdapat pula dampak negatifnya. Dari hasil yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi produk berdasarkan perspektif etika bisnis islam belum sepenuhnya diterapkan dengan baik, pemahaman dan pengetahuan pemilik toko terkait prinsip etika bisnis islam masih sedikit sehingga lalai akan prinsip tanggung jawab. 2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan strategi produk mampu ditangani dengan baik, kecuali pada faktor pelayanan karena kurangnya karyawan pada Toko Eny. 3) Dampak utama dari penerapan strategi produk yaitu berupa manfaat meningkatnya omset penjualan, sedangkan dampak negatifnya kewalahan dalam mengelola produk yang banyak jenisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:45
Last Modified: 20 Sep 2023 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25535

Actions (login required)

View Item View Item