Manajemen Layanan Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo

Juliawati, Astika (2023) Manajemen Layanan Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190130_ASTIKA JULIAWATI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Juliawati, Astika. Manajemen Layanan Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata Kunci: manajemen layanan perpustakaan, budaya literasi, peserta didik.
Rendahnya budaya membaca buku menjadi masalah yang cukup serius melanda masyarakat Indonesia sejak dulu. Budaya literasi terutama kegiatan baca tulis memiliki peran yang sangat penting, hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan dapat dihasilkan melalui aktivitas membaca dan menulis. Sekolah berperan penting dalam menanamkan budaya literasi kepada peserta didik. Peserta didik dengan budaya literasi tinggi cenderung akan lebih berhasil dan guru lebih semangat mengajarnya. Manajemen layanan perpustakaan memiliki peran penting untuk mengoptimalakan fungsi perpustakaan sebagai penyedia sumber informasi yang perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para penggunanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Perencanaan layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik; (2). Pelaksanaan layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik; (3). Evaluasi layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiann studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawanvara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1). Perencanaan layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik mencakup; (a) Menyusun visi dan misi; (b) Menyusun program layanan perpustakaan; (c) Membagi tugas-tugas sesuai dengan keahliaan anggota. (2). Pelaksanaan layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik, mencakup; (a). Layanan yang diberikan adalah layanan sirkulasi layanan koleksi layanan referensi layanan fasilitas dan layanan digital; (b). Hambatan yang diperoleh adalah akses jaringan serta anggaran yang terbatas. (3). Evaluasi layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dengan peserta didik yang memanfaatkan waktu istirahanya untuk membaca buku diperpustakaan. Adapun Evaluasi layanan perpustakaan berbasis digital dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik mencakup; (a). Evaluasi internal dilakukan dengan monitoring, rapat dan rencana tindak lanjut; (b). Evaluasi eksternal dilakukan oleh dinas perpustakaan dan arsip dalam kegiatan akreditasi; (c). Acuan evaluasi didasarkan kepada presetasi kunjungan, daftar peminjaman dan masukan bapak/ibu guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:42
Last Modified: 20 Sep 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item