Peran Guru dan Orang Tua dalam Memotivasi Hafalan Al-Quran Santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan Kecamatan Balong Ponorogo

Kisti, Agnes Nila (2023) Peran Guru dan Orang Tua dalam Memotivasi Hafalan Al-Quran Santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan Kecamatan Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190310_AGNES NILA KISTI_PAI.pdf

Download (972kB)

Abstract

Kisti, Agnes Nila. 2023. Peran Guru dan Orang Tua dalam Memotivasi Hafalan Al-Quran Santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan Kecamatan Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ibu Wilis Werdiningsih, M. Pd.I.

Kata Kunci: Peran Guru, Peran Orang Tua, Hafalan Al-Qur’an.
Guru dan orang tua sejatinya mempunyai tujuan yang sama dalam bidang pendidikan. Dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan suatu upaya dan peran demi tercapainya tujuan pendidikan anak. Salah satu pendidikan yang diteliti dalam penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) yang merupakan lembaga atau kelompok masyarakat penyelenggara pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca al-Quran anak sejak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keseimbangan peran guru dan orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar al-Quran pada anak. Sehingga hal ini mendorong meningkatnya motivasi kemampuan hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan, Balong, Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan terkait upaya guru dan orang tua dalam memotivasi hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah; (2) menjelaskan tentang peran guru dan orang tua dalam memotivasi hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah; (3) menjelaskan hasil dari peran guru dan orang tua dalam memotivasi hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek dari guru dan orang tua di TPQ Al-Fattah Desa Karangan sejumlah empat ustadz/ustadzah dan tiga oran g tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data data condenstation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verifications (penarikan kesimpulan /verifikasi). Adapun keabsahan data dilakukan melalui pendekatan triangulasi.
Berdasarkan data yang diperoleh peneliti ditemukan bahwa: (1) Upaya guru dalam motivasi hafalan al-Quran santri yaitu: membenarkan bacaan; mengulang-ulang bacaan; dan setoran hafalan. Sedangkan upaya orang tua adalah dengan memberikan contoh (Tadarus) dan Murojaah. (2) Peran guru di antaranya menjadi fasilitator, motivator; dan inspirator. Sedangkan peran orang tua ialah: memberikan pendidikan agama kepada anak; mengawasi anak; memberikan motivasi; dan mendampingi anak. (3) Hadirnya peran guru dan orang tua ini juga memiliki peran yang sama-sama pentingnya dalam memotivasi hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan, sehingga di antara keduanya tidak ada yang dapat disepelekan atau dianggap remeh. Maka dari itu, hasil dari peran guru dan orang tua dalam memotivasi hafalan al-Quran santri di TPQ Al-Fattah Desa Karangan adalah memiliki pengaruh yang baik, dibuktikan dengan tercapainya target yaitu bagi santri usia 3 – 8 tahun dapat menghafalkan surat An-Nass hingga Ad-Dhuha sedangkan 9-12 tahun menghafalkan juz 30. Hasil yang baik tersebut perlu untuk dilanjutkan secara kesinambungan agar anak-anak mendapatkan pendidikan al-Quran yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:03
Last Modified: 19 Sep 2023 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25531

Actions (login required)

View Item View Item