Wulandari, Luluk (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Konsep Pendidik Menurut Pemikiran Abuddin Nata dan Relevansinya dengan Kompetensi Profesional Guru. Other thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201190135_Luluk Wulandari_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wulandari, Luluk. 2023. Konsep Pendidik Menurut Abuddin Nata dan Relevansinya terhadap Kompetensi Profesional Guru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M. Ag.
Kata kunci: Pendidik, Abuddin Nata, Kompetensi Profesional Guru.
Pendidik adalah seorang figur utama dalam pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan baru bagi orang lain secara kosisten dan berkesinambungan. Seorang pendidik memiliki kedudukan yang strategis dalam meningkatkan mutu hasil pendidikan. Pendidik juga berperan lebih penting dari komponen pendidikan lainnya, sehingga guru menjadi faktor penentu tinggi rendahnya kualitas hasil pendidikan. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut memiliki kompetensi yang profesional untuk membantu melakasanakan tugasnya dengan baik. Karena ditemukan kompetensi pofesional guru semakin menurun, maka dari itu perlu adanya pemahaman terkait konsep pendidik dan kompetensi profesional guru. Hal ini sejalan dengan pemikiran Abuddin Nata yang menuliskan tentang konsep pendidik profesional dan pengembangan kompetensi profesional. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai Konsep Pendidik Menurut Pemikiran Abuddin Nata dan Relevansinya terhadap Kompetensi Profesional Guru.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Konsep Pendidik Menurut Pemikiran Abuddin Nata? (2) Bagaimana Relevansi Konsep Pendidik Menurut Pemikiran Abuddin Nata terhadap Kompetensi Profesional Guru?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka dan dokumenter, serta teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Adapun sumber data utama yang digunakan adalah Buku cetak yang berjudul “Ilmu Pendidikan Islam” dan Buku “Pengembangan Profesi Keguruan dalam Perspektif Islam”, karya Abuddin Nata.
Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ini diperoleh hasil bahwa (1) Konsep pendidik menurut Abuddin Nata pada dasarnya terdiri dari beberapa pemahaman meliputi definisi pendidik, syarat menjadi seorang pendidik, dan tugas pendidik. Pendidik adalah tenaga profesional yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, berkepribadian mulia serta memiliki keahlian yang dapat diandalkan. Pendidik memiliki tugas dalam membina, menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan, minat, bakat, keterampilan dan sikap peserta didik. Pendidik harus memiliki kualifikasi Wajib diantaranya kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi, Sehat Jasmani dan Rohani, dan kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. (2) Konsep pendidik menurut Abuddin Nata relevan dengan kompetensi profesional guru yang mana lebih menekankan pada keahlian pendidik pada keluasan bidang ilmu pengetahuan sesuai yang dipelajarinya, serta kemampuan penguasaan materi bahan ajar dan komponen lain dalam pembelajaran. Dua komponen tersebut yang menjadi hubungan erat antara konsep pendidik menurut pemikiran Abuddin Nata dengan kompetensi profesional guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mambaul Ngadhimah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:41 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25521 |
Actions (login required)
View Item |