..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADᾹB AL-ᾹLĪM WA AL-MUTA’ALLĪM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Latur Rohmah, Unzy (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PEMIKIRAN PENDIDIKAN KARAKTER K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADᾹB AL-ᾹLĪM WA AL-MUTA’ALLĪM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210317306- UNZY LATUR ROHMAH- SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohmah, Unzy Latur. 2023. Pemikiran Pendidikan Karakter K.H Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adāb al-Ᾱlīm Wa Al-Muta’allīm Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Adab Al-Alim Wa-Almuta’alim, Pendidikan Islam
Dampak atas kemajuan modernisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting. Perkembangan pendidikan karakter yang dikembangkan oleh K.H Hasyim Asy’ari dalam kitabnya ‘Adāb al-Ᾱlīm Wa Al-Muta’allīm beliau mengawali penjelasannya langsung dengan mungutip dari ayat-ayat al- Qur’an dan al-hadist, yang kemudian ditulis serta dituangkan dalam karyanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab ‘Adab al-alim wa-almuta’alim karya K.H Hasyim Asy’ari dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0.
Peneliti menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif jenis yaitu dengan penelitian library research. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji Kitab Adab al-alim wa-almuta’alim ‟ karya K.H Hasyim Asy’ari, serta data-data sekunder lainnya yang sesuai dengan penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik induktif yang mengarah pada pengoprasasikan sumber pustaka yang berikan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemikiran pendidikan karakter menurut K.H Hasyin Asy’ari dalam kitab Adāb al-Ᾱlīm Wa Al-Muta’allīm dapat dikategorikan kedalam corak praktis, berpegang teguh pada al-Qur’an dan al-Hadist. Kecenderungan beliau adalah mengetengahkan nilai-nilai etis yang mengarah kesufistik. Menurut K.H Hasyim Asy’ari ilmu dapat diraih jika orang yang mencari ilmu menyucikan hati dari segala kepalsuan, noda hati, iri dengki, hasud, aqidah yang buruk dan akhlak tercela. (2) dalam kitab Adāb al-Ᾱlīm Wa Al-Muta’allīm dapat di klasifikasikan menjadi 3 bagian antara lain:a. Sikap mental atau karakter yang harus dimiliki pendidik dan peserta didik, b. Upaya yang dilakukan agar menjadi pendidik dan peserta didik yang berkarakter, c. Metode dan evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Ketiga tersebut memiliki indikator-indikator yang sesuai dengan kompetensi pendidik menurut UU sisdiknas tahun 2003 dan 18 nilai karakter menurut Pusat Kurikulum pengembangan dan pendidikan karakter Bangsa. (3) Trasformasi pendidikan Islam diperlukan untuk membawa keluar dan krisis dari permasalahan, penguatan lembaga pendidikan Islam, penguatan kepemimpinan pendidikan Islam, dan reformasi kebijakan pendidikan dengan tujuan membentuk generasi seutuhnya dan manusia yang unggul, berdaya saing yaitu manusia yang kratif inovatif, berkarakter, mandiri, cinta tanah air, dan relegius, untuk menghadapi di Era revolusi industri 4.0 dimana manusia di tuntu untuk untuk serba cepat, tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FERY DIANTORO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:16
Last Modified: 18 Sep 2023 06:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item