PERAN GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN SELF ESTEEM SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS GUNA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SDN 1 WAGIR LOR

Uswatun Nur, Annisa (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN SELF ESTEEM SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS GUNA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SDN 1 WAGIR LOR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190311_USWATUN NUR ANNISA_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Annisa, Uswatun Nur. 2023. Peran Guru Kelas dalam Menumbuhkan Self Esteem Siswa Berkebutuhan Khusus guna Mencegah Perundungan di SDN 1 Wagir Lor. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.

Kata Kunci: Peran Guru, Self Esteem, Perundungan ABK
Layanan pendidikan terhadap siswa berkebutuhan khusus menimbulkan isu dan problematika pendidikan baru salah satunya adalah perundungan. Peristiwa perundungan yang melibatkan siswa berkebutuhan khusus menimbulkan dampak negatif yang nampak pada gejala fisik maupun perilaku siswa berkebutuhan khusus. Perundungan terhadap siswa berkebutuhan khusus berpotensi terjadi di berbaggai tempat, termasuk di sekolah. Oleh karena itu diperlukan peran dan sinergitas guru terutama guru kelas untuk melaksanakan pencegahan dan penanganan yang tepat terhadap tindakan perundungan yang melibatkan siswa berkebutuhan khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengganalisis, dan memahami (1) peran guru kelas sebagai fasilitator dalam membangun self esteem siswa berkebutuhan khusus guna mencegah perundungan di sekolah dasar; (2) peran guru kelas sebagai pendidik dalam membangun self esteem siswa berkebutuhan khusus guna mencegah perundungan di sekolah dasar; (3) peran guru kelas sebagai motivator dalam membangun self esteem siswa berkebutuhan khusus guna mencegah perundungan di sekolah dasar.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan tipe multikasus. Studi kasus yang dipergunakan bersifat prospective case study, agar keberadaan siswa berkebutuhan khusus dapat ditindaklanjuti oleh orang terdekat yaitu guru kelas. Pengambilan data dilakukan melalui observasi atau pengamatan, wawancara, serta pengambilan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari guru dan siswa berkebutuhan khusus kelas I-VI di SD Negeri 1 Wagir Lor yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis melalui langkah pengumpulan data, reduksi, display data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh; (1) peran guru kelas sebagai fasilitator menunjukkan indikasi peningkatan self esteem siswa berkebutuhan khusus pada ciri feeling of competence. (2) peran guru kelas sebagai pendidik menunjukkan indikasi pertumbuhan self esteem siswa berkebutuhan khusus pada ciri feeling of belonging. (3) peran guru kelas sebagai motivator menunjukkan indikasi pertumbuhan self esteem siswa berkebutuhan khusus pada ciri feeling of worth.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nur Dahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:13
Last Modified: 18 Sep 2023 06:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item