Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Sawoo Ponorogo

Sayfuddin, Muhammad (2023) Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190157_MUHAMMAD SAYFUDDIN_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sayfuddin, Muhammad. 2023. Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Sawoo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Pendidik, Mutu Pendidikan

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, manajemen tenaga pendidik sangat diperlukan di setiap lembaga khususnya di SMPN 1 Sawoo. Agar proses peningkatan mutu tersebut dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten dan memiliki loyalitas serta disiplin yang tinggi. Saat ini masih banyak ditemui tenaga pendidik yang kurang berkompeten dan kurang memiliki loyalitas serta disiplin, sehingga hal tersebut mengganggu lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan yanga ada. Maka penelitian ini perlu dilakukan untuk menjawab permasalahan-permasalahn tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Sawoo, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan SMPN 1 Sawoo, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan kompetensi tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan SMPN 1 Sawoo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Millies, Huberman, dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Sawoo dilaksanakan dengan melibatkan semua stakeholder yang ada disekolah. Perencanaan dilakukan melalui analisis ketersedian dan kebutuhan tenaga pendidik, menentukan kualifikasi, melakukan pemenuhan kebutuhan, penempatan, dan pengembangan kompetensi. (2) Rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Sawoo dilakukan melalui dua jalur: pertama melaui jalur pemetaan daerah (dinas pendidikan), yang mana dinas pendidikan sudah mempunyai data sekolah-sekolah yang kekurangan guru/tenaga pendidik. Kedua, rekrutmen mandiri, apabila jika dari dinas pendidikan tidak ada pemenuhan maka sekolah merekrut pegawai dengan sistem kotrak kotrak kerja. (3) Pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Sawoo dilakukan dengam melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan melalui in house training (IHT), webinar (zoom meeting), seminar, guru penggerak, platfrom merdeka mengajar (PMM), penelitian tindakan kelas dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) seperti mengikuti diklat fungsional/teknis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:12
Last Modified: 18 Sep 2023 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item View Item