Pendekatan Guru PAI Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Era Society 5.0 di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo

Mu'awanah, Binti (2023) Pendekatan Guru PAI Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Era Society 5.0 di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 201190336 BINTI MU'AWANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mu’awanah, Binti. 2023. Pendekatan guru PAI dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Religius pada Siswa Era Society 5.0 di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendekatan Guru PAI, Internalisasi Nilai-Nilai Religius, Era Society 5.0.
Pada era society 5.0 ini, karakter peserta didik terutama karakter religius telah mengalami degradasi, hal ini disebabkan karena semakin canggihnya teknologi, akan tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik. Peserta didik seakan terlena dengan berbagai kemudahan yang diberikan pada era society 5.0 ini. Akibatnya, mereka seakan mengesampingkan nilai religius yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Berbagai pendekatan telah guru PAI lakukan untuk menginternalisasikan nilai religius tersebut pada era society 5.0 ini diantaranya dengan melakukan pendekatan secara individual maupun kelompok. Merujuk pada permasalahan tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pendekatan yang digunakan oleh guru PAI dalam proses internalisasi nilai-nilai religius pada siswa era society 5.0 di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo; (2) faktor pendorong dan penghambat dalam menginternalisasikan
nilai-nilai religius pada siswa era society 5.0 di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini berasal dari Guru PAI di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo, serta beberapa siswa di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubermen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Hasil penelitian ini: (1) Pendekatan guru PAI dalam proses internalisasi nilai-nilai religius pada siswa era society 5.0 ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembiasaan untuk menginternalisasikan nilai ibadah, amanah dan ikhlas. Pendekatan nasihat untuk menginternalisasikan nilai ruhul jihad, serta pendekatan keteladanan untuk menginternalisasikan nilai akhlak dan kedisiplinan. (2) Faktor pendorong dari proses internalisasi nilai-nilai religius pada siswa era society 5.0 yaitu berasal dari kemauan siswa, rekan guru, kepala sekolah, orang tua, serta lembaga pendidikan. Sedangkan faktor penghambat dari proses internalisasi nilai-nilai religius pada siswa era society 5.0 yaitu berasal dari minat siswa, teman pergaulan siswa pada saat berada diluar lingkungan sekolah, serta terbatasnya jam pelajaran PAI saat ini (semenjak diberlakukannya kurikulum merdeka).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:12
Last Modified: 18 Sep 2023 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25509

Actions (login required)

View Item View Item