..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Supervisi akademik Kepala Sekolah dalam Mutu Pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi

Kumarawati, Ninik (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Supervisi akademik Kepala Sekolah dalam Mutu Pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
NINIK KUMARAWATI. 205190034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kumarawati, Ninik. 2023. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Mutu Pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Kata Kunci : Supervisi akademik, Mutu pembelajaran, PAUD
Supervisi akademik supervisi akademik yaitu kegiatan yang membantu dalam tugas guru untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran sehingga tercapainya suatu tujuan dalam pendidikan. Pelaksanaan supervisi ini dilakukan oleh kepala sekolah yang disebut dengan supervisor. Perilaku supervisor ini dilakukan dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya harus dibuat secara jelas pada waktu mulai dan berakhirnya program pengembangan tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam mutu pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi (2) Untuk memaparkan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam mutu pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi (3) Untuk menjelaskan dan menganalisis keterkaitan supervisi akademik dengan mutu sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paron Ngawi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Dengan subjek melibatkan satu kepala sekolah dan dua guru kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dan Saldana, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dalam satu tahun sekali, dengan membuat jadwal yang sudah disepakati, dan dilanjutkan dengan tahap evaluasi saat pelaskanaan supervisi selesai. (2) Faktor penghambat yang dirasa oleh kepala sekolah saat pelaksanaan supervisi yaitu waktu yang relatif sedikit dikarenakan kepala sekolah juga menjadi guru kelas atau juga merangkap sebagai pengajar, namun disamping itu ada faktor pendukung yang dirasa oleh guru kelas karena dengan dilakukannya supervisi akademik guru dapat mengetahui kesalahan saat proses belajar mengajar berlangsung, guru dapat inovasi ilmu dari adanya supervisi akademik. (3) Keterkaitan antara supervisi akademik dengan mutu pembelajaran yaitu dengan adanya supervisi akademik mutu pembelajaran atau kualitas pembelajaran dapat diperbaiki apabila ada kekuarangan didalamnya, guru mendapat inovasi dalam kegiatan pembelajaran dan juga kegiatan supervisi akademik kepala sekolah ini mampu menjamin mutu pembelajaran yang akan berimbas pada prestasi-prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:11
Last Modified: 18 Sep 2023 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item