..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN DENGAN STEMPEL BASAH, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN SIMO 1 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mustikasari,, Reka Tri Nanda (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN DENGAN STEMPEL BASAH, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN SIMO 1 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Mustikasari, Reka Tri Nanda (2023).docx

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya belajar siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa kelas V SDN Simo 1 Ngawi pada mata pelajaran Matematika materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan metode yang konvensial atau monoton yaitu menggunakan metode ceramah yang mana dalam penyampaian materi tersebut guru menggunakan proses penerangan dan penuturan secara lisan kepada siswa. Hal ini mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran matematikan di dalam kelas karena guru tidak mengembangkan strategi yang aktif mengakibatkan siswa kurang berinteraksi satu dengan yang lain sehingga mengakibatkan pemahaman siswa cenderung rendah dan dapat mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh. Oleh karena itu peneliti memutuskan menggunakan outdoor learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar matematika kelas V semester II di SDN Simo 1 Ngawi masih jauh dari yang diharapkan dan belum sesuai dengan KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu penerapan pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor leraning) diperlukan sebagai alternatif untuk menciptakan pembelajarn yang aktif dan meningkatkan prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor learning) di kelas V SDN Simo 1 Ngawi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN Simo 1 Ngawi yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan tes.
Berdasarkan hasil analisis belajar penelitian dengan menggunakan model outdoor learning pada siswa kelas V SDN Simo 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau sebesar 30% dan yang belum tuntas sebanyak 14 siswa atau sebesar 70% kemudian pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau sebesar 45% dan yang belum tuntas 11 siswa atau sebesar 55% kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau sebesar 90% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas V SDN Simo 1 Ngawi mengalami peningkatan setelah diterapkan dengan model pembelajaran outdoor learning. Hasil ini ditunjukan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siswa pra siklus.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:10
Last Modified: 18 Sep 2023 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25507

Actions (login required)

View Item View Item