Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekokah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 Ponorogo

Wardani, Riski (2023) Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekokah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190063_RISKI WARDANI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas guru, rendahnya prestasi siswa, serta rendahnya kualitas sarana dan prasarana, sehingga diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kepemimpinan partisipatif kepala sekolah sebagai jantung organisasi yang menentukan sejauh mana lembaga sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, terutama memberikan motivasi dan tanggung jawab yang baik kepada seluruh steakholder dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana yang dijalankan dengan baik di SMAN 3 Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ; (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Ponorogo; (2) Untuk memaparkan dan menganalisis penerapan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Ponorogo; dan (3) Untuk memaparkan dan menganalisis implikasi kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah; (1) Karakteristik kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Ponorogo yaitu pemimpin mampu berkomunikasi dua arah, pemimpin mampu secara aktif mendengar dan merespon segenap kesukaran yang dialami bawahan, pemimpin secara transparan melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, dan pemimpin mendorong bawahan untuk berpartisipasi; (2) Penerapan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu melalui perbaikan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana; dan (3) Implikasi kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Ponorogo yaitu menumbuhkan rasa tanggung jawab, terciptanya lingkungan yang kondusif, dan meningkatkan semangat kerja bawahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:30
Last Modified: 18 Sep 2023 05:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item