Manajemen Program Tahfidzul Qur’an Dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Madiun

Hasanah, Umi Nur (2023) Manajemen Program Tahfidzul Qur’an Dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis-Umi Nur Hasanah-Dr Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa masih banyak siswa dari SMP Negeri 3 Madiun yang masih belum bisa membaca kitab suci Al Qur’an, mau mengerjakan sholat berjama’ah hanya apabila diperintah, tidak sholat pada saat ada di rumah, dan tidak ada beban pada saat berkata kotor, pelanggaran tata tertib juga masih ditemui. Dalam hal ini SMP Negeri 3 Madiun mengadakan program kegiatan tahfidzul Qur’an sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen program tahfidzul Qur’an untuk menumbuhkan karakter religius peserta didik, faktor pendukung dan penghambat dalamprogram kegiatan tahfidzul Qur’an untuk menumbuhkan karakter religius peserta didik, serta dampak yang dihasilkan melaluiprogram tahfidzul qur’an untukmenumbuhkan karakter religius di SMP Negeri 3 Madiun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari miles dan Huberman yang meliputi data kondensasi, data display, dan konklusi. Isi kesimpulan mencakup semua informasi penting yang ditemukan dalam penelitian ini. Temuan yang diperoleh dalam manajemen program tahfidzul Qur’an untuk menumbuhkan karakter religius di SMP Negeri 3 Madiun yaitu dengan menggunakan teori POAC (Planing, Organiting, Actuating, dan Controlling) dengan melibatkan dan memberdayakan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki, metode yang digunakan dalam pelaksanaan adalah metode tahfidz, metode jama’, metode taqrir, dan metode tallaqi, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam peningkatan religius yaitu dengan pembiasaan dan mauidhzh hasanah, dan diskusi. Faktor pendukung yang dimiliki dalam kegiatan ini adalah adanya siswa siswa yang berasal dari alumni Madrasah Ibtida’iyah serta komitmen dari bapak ibu guru dan kemitraan dengan orang tua yang terjalin dengan baik. Faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah dari unsur waktu yang sangat minim, kompetensi dasar siswa dalam hal membaca Al qur’an yang sangat variatif, serta tenaga ahli yang sangat kurang. Dampak yang dapat dilihat dari program kegiatan ini terhadap peningkatan karakter religius yaitu dalam hal ketaatan menjalankan ajaran agama, kejujuran, rasa percaya diri, tidak sombong dan rendah hati

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:34
Last Modified: 14 Sep 2023 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25499

Actions (login required)

View Item View Item