IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK PASCA PERCERAIAN ORANG TUA DI KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Permatasari, Gea Putri (2023) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK PASCA PERCERAIAN ORANG TUA DI KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NASKAH skripsi gea (Repaired) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Permatasari, Gea Putri, 2023. Implementasi Pemenuhan Hak-hak Anak Pasca Perceraian Di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Perspektif Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Endrik Safudin, M.H.

Kata Kunci/Keyword: Perceraian, Dampak Perceraian Bagi Anak, Hak Yang Di Dapat Anak Pasca Perceraian, Hak Anak Perspektif Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak

Studi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemenuhan hak-hak anak pasca perceraian orang tua di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo perspektif Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, mengetahui bagaimana respon orang tua terhadap terpenuhinya hak-hak anak pasca perceraian orang tua terjadi. Dalam ketentuan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Terlindungan Anak di katakana bahwa hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua.

Penelitian ini mengambil rumusan masalah tentang bagaimana praktek pemenuhan hak-hak anak pasca perceraian Di Kecamatan Bungkal kabupaten Ponorogo, dan apa upaya yang dilakukan agar penerapan hak-hak anak pasca perceraian di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo dapat sesuai dengan Perspektif Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data primer diperoleh melalui penelitian lapangan, observasi, wawancara, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku pustaka, internet, serta tulisan lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara dan studi pustaka.

Studi ini menunjukkan bahwa dalam praktik pemenuhan hak-hak anak pasca perceraian antara satu dengan yang lainnya tidak sama. Peneliti mengambil sampel 4 orang warga Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo yang mengalami perceraian, dan dari keempat orang lebih banyak yang tidak memenuhi hak-hak anak pasca perceraian. Ada ayah yang melupakan tanggung jawab terhadap anak, ada juga ibunya yang lepas tanggung jawab untuk tidak memenuhi hak-hak anak pasca bercerai. Hal ini tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak pasca perceraian orang tua yang terjadi di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:03
Last Modified: 14 Sep 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25497

Actions (login required)

View Item View Item